“Penanaman Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Banyuwangi

Ajisaka, Rizqi Nugroho (2021) “Penanaman Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (612kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (444kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text PKL 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan tanaman perkebunan yang masuk ke dalam jenis Graminae atau rumput-rumputan yang dibudidayakan sebagai tanaman penghasil gula. Gula adalah salah satu bahan pokok bagi manusia. Hal tersebut membuat konsumsi gula pasir yang terus meningkat setiap tahunnya. tebu di Indonesia pada kurun waktu tahun 2014-2019 mengalami penurunan 21,03%, atau sekitar 3,51% setiap tahun untuk TS dan untuk TR turun 15,52% atau 2,59% per tahun. Secara total, produksi tebu Indonesia pada 2014-2019 mengalami penurunan sebesar 17,78% atau turun 2,96% per tahun. Produksi tebu pada 2019 sebesar 27,7 juta ton. Produksi tersebut lebih rendah dari rata-rata enam tahun terakhir sebesar 30,2 juta ton. Penanaman merupakan suatu kegiatan menanam bibit pada lahan untuk mendapatkan hasil produk dari tanaman yang dibudidayakan. Penanaman pada tanaman tebu disebut juga dengan tanaman tebu plant cane (PC). Plant Cane (PC) adalah tanaman tebu yang pertama kali ditanam pada suatu lahan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktifitas tebu ialah dengan penggunaan teknik penanaman tebu yang tepat. Teknik penanaman tebu sangat berpengaruh terhadap produktifitas tanaman tebu. Teknik penanaman tersebut dapat berupa sistem tanam atau pola dalam penanaman bibit. Dengan ditanamnyaa tebu dengan baik maka dapat meningkatkan produktivitas sehingga protas tebu dapat tercapai. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan budidaya Tebu dengan baik, dapat mengetahui dan memahami teknik manajemen pemeliharaan di PT. Pekebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Banyuwangi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan proses budidaya tanaman tebu dan panen yang ada di PT. Pekebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Rejosari Banyuwangi dari awal sampai akhir sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu teknik budidaya dan pengalaman kerja secara langsung di perusahaan tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMastuti, LilikNIDN0020085810
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Rizqi Nugroho Ajisaka
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:24
Last Modified: 19 Aug 2022 03:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item