Pemanfaatan ekstrak bawang merah sebagai zat pengatur tumbuh alami terhadap pertumbuhan bibit tebu bud set Varietas vmc 86-550

Alviani, Dwi Nur (2020) Pemanfaatan ekstrak bawang merah sebagai zat pengatur tumbuh alami terhadap pertumbuhan bibit tebu bud set Varietas vmc 86-550. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
08. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32170829_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)

Abstract

Pemanfaatan Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Alami Terhadap Pertumbuhan Bibit Tebu Bud Set Varietas VMC 86-550, Dwi Nur Alviani, NIM. A32170829, Tahun 2020, 60 halaman, Produksi Tanaman Perkebunan, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Dian Hartatie, MP (Dosen Pembimbing). Tebu (Saccharum officinarum L.) salah satu tanaman perkebunan yang merupakan jenis rerumputan dan dibudidayakan sebagai penghasil gula. Kebutuhan gula setiap harinya meningkat karena jumlah penduduk yang terus bertambah dan mengakibatkan meningkatnya jumlah konsumsi gula. didalam negeri produksi gula masih rendah karena kurangnya luasan lahan dan teknik pembibitan yang masih lambat serta kualitas bibit masih rendah. Perbanyakan tanaman tebu dapat dilakukan secara vegetatif dengan pembibitan bud set (ruas tunggal) penggunaan bahan tanam bud set diharapkan mampu tumbuh dengan optimal, tetapi dengan cara ini terkendala dengan sulitnya pembentukan akar, jumlah anakan yang tumbuh sedikit, dan tunas tumbuh tidak seragam, untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan bantuan tambahan zat pengatur tumbuh (ZPT) dengan menggunakan ZPT alami diharapkan dapat membuat pertumbuhan bibit tebu lebih baik. Pemberian ZPT dapat dilakukan dengan beberapa cara pada umumnya dilakukan dengan cara perendaman, cara ini dinilai lebih praktis dan tidak terlalu rumit, dan sampai saat ini tetap digunakan karena dinilai lebih efektif. Dalam bawang merah mengandung auksin endogen yang dihasilkan dari umbi lapis yang didalamnya terdapat calon tunas, dalam tunas muda bawang merah menghasilkan auksin atau IAA (Indodole Acetid Acid), auksin dapat bermanfaat dalam pertumbuhan tanaman, dan dapat memanjangkan, pembesaran dan pembelahan sel tanaman. Kegiatan ini dilaksanakan di lahan Antirogo, Sumbersari Jember pada bulan Maret-Juni 2020 yang bertujuan untuk mengetahui manfaat dari ekstrak bawang merah terhadap pertumbuhan bibit tebu bud set.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHartatie,MP, Ir. DianNIDN0031106602
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:54
Last Modified: 15 Aug 2022 01:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item