APLIKASI MULSA PLASTIK HITAM PERAK DAN BERBAGAI JENIS BIOPESTISIDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Subekti, Lalang Loka (2022) APLIKASI MULSA PLASTIK HITAM PERAK DAN BERBAGAI JENIS BIOPESTISIDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan TA Lalang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 TA Lalang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA Lalang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA Lalang revisi 4 siporaaaaa-1-43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Mulsa Plastik Hitam Perak Dan Berbagai Jenis Biopestisida Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.), Lalang Loka Subekti, NIM A31191466, Tahun 2021, 50 hlm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. M. Zayin Sukri, M.P.(Pembimbing) Kebutuhan cabe merah per kapita berada dalam kisaran tiga kg/orang. Diperkirakan produksi dalam negeri tidak akan bisa memenuhi jumlah tersebut, sebagai akibatnya pemerintah mengimpor sebagian. Output cabe merah yang belum maksimal lantaran imbas pengendalian penyakit tumbuhan cabai & hama serangga yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mulsa dan beberapa biopestisida daun mimba Bacillus sp, Pseudomonas flourenscens terhadap pertumbuhan dan produksi pada tanaman cabai. terhadap intensitas serangan OPT dan pertubuhan serta hasil produksi tanaman cabai merah. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi petani umum Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Lahan Wirolegi kecamatan Sumbersari kabupaten Jember, dengan ketinggian tempat ± 98 mdpl pada bulan juli sampai dengan bulan oktober 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok faktorial yang terdiri dari dua faktor dengan Perlakuan tanpa mulsa M0, mulsa plastik hitam perak M1 dan biopestisida yaitu terdapat Perlakuan antara lain B0 kontrol (tanpa biopestisida), B1 Biopestisida nimba (15 ml/L), B2 Biopestisida Bacillus sp (10 ml/L) dan B3 Biopestisida Pseudomonas flourencent (10 ml/L). Perlakuan interaksi mulsa dan biopestisida tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai. Perlakuan biopestisida memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap tinggi tanaman. Perlakuan mulsa memberikan pengaruh tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan produksi cabai merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SurveyorSukri, M. ZayinNIDN0012016304
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Lalang Loka Subekti
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:07
Last Modified: 18 Aug 2022 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item