Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Bagian Produksi Pada PT. Haida Agriculture Indonesia Pasuruan Jawa Timur

Rosady, Faradilah Meizza (2022) Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Bagian Produksi Pada PT. Haida Agriculture Indonesia Pasuruan Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41180802_FULL TEXT LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2021 sampai 15 Januari 2022. Kegiatan akademik tersebut yaitu Praktik Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan selama 900 jam setara dengan 20 SKS, pada semester 7. Adanya kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) dapat terhubung antara pengetahuan akademis dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa. Kegiatan PKL dilaksanakan di PT. Haida Agriculture Indonesia yang terletak di di jalan Kraton Industri I no 2 PIER Kelurahan Curah Dukuh, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur . Laporan PKL ini dengan menggunakan kajian pustaka, studi lapang berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. PT. Haida Agriculture Indonesia adalah produsen yang mengolah berbagai macam pakan ternak yaitu akuatik dan poultry. Pakan akuatik terdiri dari pakan ikan dan pakan udang, sedangkan untuk pakan poultry terdiri dari pakan unggas seperti itik, ayam, bebek, dan burung puyuh. Pada proses produksinya, perusahaan menggunakan alat dan mesin dengan kapasitas yang sangat besar besar seperti shifter, grinder, mixer, pellet, cooler, crumble, dan mesin pengemas (packing). Alat dan mesin yang digunakan mempunyai resiko tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan ini selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan dengan menyediakan fasilitas alat pelindung diri untuk setiap karyawan. Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja mempunyai peran penting dalam kelancaran proses produksi karena untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja serta menjamin keselamatan dan kesehatan para karyawan.viii Tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapang ini adalah mengembangkan wawasan dan pengalaman, serta membandingkan penerapan teori yang diterima di jenjang akademik dengan praktik yang dilakukan di lapangan di bidang pengolahan produk pakan ternak. Tujuan khusus dari kegiatan Praktik Kerja Lapang yaitu untuk meningkatkan pengetahuan baru dan keterampilan tentang arti pentingnya penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan khusus lainnya yaitu melatih berpikir kritis dan menggunakan daya nalarnya terhadap suatu kegiatan K3 di PT Haida Agriculture Indonesia. Hasil Praktik Kerja Lapang (PKL) yang telah dilaksanakan di PT. Haida Agriculture Indonesia dapat diketahui tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian produksi pakan akuatik dan poultry. Pada penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan ini yaitu dengan tersedianya Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan keselamatan. Berdasarkan Laporan Praktik Kerja Lapang ini juga dijelaskan mengenai permasalahan yang terjadi yaitu kecelakaan kerja serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Faradilah Meizza Rosady
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:59
Last Modified: 11 Aug 2022 02:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item