Aplikasi Pestisida Confidor 200 Sl Pada Hama Kutu Kebul ( Bemisia tabaci ) Tanaman Edamame Di Pt.Mitra Tani Dua Tujuh Jember

Zandika, Nico Mei Aplikasi Pestisida Confidor 200 Sl Pada Hama Kutu Kebul ( Bemisia tabaci ) Tanaman Edamame Di Pt.Mitra Tani Dua Tujuh Jember. Project Report. Politekni Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN_NICO MEI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PKL_NICO MEI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL Laporan_PKL_Nico mei.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pusraka)
DAFTAR PUSTAKA PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi negeri yang mengharuskan mahasiswanya mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL). Kegiatan Praktik Kerja Lapang merupakan program formal di Politeknik Negeri Jember yang memberikan pengalaman praktisi bagi pemula dalam pekerjaan atau profesi. Tujuan dari program akademik ini adalah untuk menciptakan lulusan yang lebih profesional. Hal ini di implementasikan pada semester kelima untuk pendididikan Diploma Tiga (D3). PT Mitra Tani 27 Jember merupkan salah satu lokasi magang PKL, yang bergerak di bidang pertanian produksi sayuran beku seperti tanaman okra, edamame, buncis, dan beberapa komoditas hortikultura lainnya. Budidaya edamame mengalami peningkatan serangan hama pada bulan November 2021 – Februari 2022 sehingga dilakukan upaya aplikasi pestisida confidor 200 SL untuk mengetahui tingkat serangan hama serta pengaruhnya terhadap produksi edamame, setelah aplikasi pestisida maka dilakukan pengamatan hama Bemisia tabaci (kutu kebul). Berdasarkan pengamatan hama yang telah dilakukan yaitu serangan hama kutu kebul mengalami peningkatan. Hal ini karena percobaan dilakukan pada musim hujan yaitu pada tanggal 1 November 2021 sampai tanggal 7 Februari 2022 karena pada bulan-bulan tersebut merupakan masa perkembangbiakan hama, sehingga populasi hama meningkat. Berdasarkan hasil dari Praktek Kerja Lapang (PKL), mahasiswa mampu melakukan budidaya edamame dan okra, khususnya edamame mulai dari persiapan tanam sampai pasca panen. Berdasarkan pengamatan aplikasi pestisida confidor 200 SL terhadap hama kutu kebul pada tanaman edamame, menunjukkan bahwa seluruh parameter pengamatan berpengaruh nyata karena pestisida yang di berikan pada tanaman edamame dilakukan berdasarkan teknis pelaksanaan atas rekomendasi dari bidang rencana dan pembangunan perusahaan. Perhitungan analisis usaha tani menunjukkan usaha budidaya edamame layak untuk di usahakan karena B/C ratio ekspor yang di hasilkan adalah 5,1 yang berarti setiap Rp.1 yang di keluarkan memberikan keuntungan sebesar 5,1 dan B/C ratio secara lokal 0,38. R/C ratio ekspor yang di hasilkan adalah 6,1 > 1 yang artinya usaha tani tersebut layak untuk di lakukan. Dan sebesar 0,61 yang artinya bahwa setiap Rp. 1 yang di keluarkan menghasilkan keuntungan sebesar 0,61, sedangkan R/C ratio sebesar > 1 yang artinya bahwa usahatani edamame layak untuk di usahakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri riniNIDN0019026203
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Nico Mei Zandika
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:49
Last Modified: 05 Sep 2022 01:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item