Analisis Usaha Perbanyakan Tanaman Hias (Anthurium Andraeanum) Dengan Cara Split Di Handoyo Budi Orchids Kabupaten Malang

Tristama, Selsa Melinia Firmanda (2022) Analisis Usaha Perbanyakan Tanaman Hias (Anthurium Andraeanum) Dengan Cara Split Di Handoyo Budi Orchids Kabupaten Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31190762_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang atau yang biasa disebut PKL merupakan salah satu kegiatan program mata kuliah wajib yang ditempuh pada saat semester lima dalam Program Studi Manajemen Agribisnis, Jurusan Manajemen Agribisnis Politeknik Negeri Jember. Kegiatan PKL guna sebagai salah satu persyaratan mendapatkan gelar A.Md.P. Praktik Kerja Lapang merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program Pendidikan di Politeknik Negeri Jember dengan perusahaan atau instansi terkait, guna untuk penguasaan keahlian dan keterampilan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dalam dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian pertanian. Handoyo Budi Orchids atau sering dikenal HBO merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian tanaman Hortikultura khususnya di pembibitan, produksi anggrek secara kultur in vitro dan budidaya berbagai jenis tanaman hias. Kegiatan di Handoyo Budi Orchids mulai dari proses produksi, panen, dan pemasaran ke seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan produksi tanaman hias khususnya Anthurium yang saat ini banyak diminati, Oleh karena itu perlu adanya informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang teknik produksi tanaman hias Anthurium dengan cara split. Anthurium adalah tanaman hias tropis dan memiliki daya tarik tinggi karena bentuk daun dan bunganya yang indah. Anthurium dapat tumbuh dengan baik dan subur pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 m di atas permukaan air iv v laut. Anthurium memiliki kesan mewah dan ekslusif sehingga membuat Anthurium sebagai peluang usaha dan bisnis. Perbanyakan tanaman hias Anthurium di kebun Handoyo Budi Orchids dilakukan dengan cara split. Split tanaman hias Anthurium dilakukan dengan cara memotong bagian tengah tunas tanaman dan menyisakan 2-3 helai daun pada tanaman induk. Tunas yang di potong atau di split harus mempunyai 2-3 helai daun dan mempunyai akar. Indukan yang di split juga harus mempunyai daun dan akar agar tetap hidup. Tanaman hias Anthurium yang sudah di split di tanam di pot ukuran 12 cm menggunakan media tanam campuran pakis cacah dan sekam dengan perbandingan 1:1. Analisis usaha perbanyakan tanaman hias Anthurium andreanum dengan cara split di kebun Handoyo Budi Orchids dinyatakan layak untuk diusahakan karena nilai R/C Ratio sebesar 4,04, nilai B/C Ratio sebesar 3,4, dan nilai ROI sebesar 3%.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha Perbanyakan Tanaman Hias (Anthurium Andraeanum) Dengan Cara Split
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Selsa Melinia Firmanda Tristama
Date Deposited: 06 Aug 2022 05:14
Last Modified: 06 Aug 2022 05:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item