Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Tanaman Inca Lili (Alstroemeria Sp.) Di Pt Wahana Kharisma Flora Batu – Jawa Timur

Sahda, Almira Anargya (2022) Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Tanaman Inca Lili (Alstroemeria Sp.) Di Pt Wahana Kharisma Flora Batu – Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Rigkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31192302_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman Inca Lili (Alstroemeria Sp.) merupakan jenis tanaman hias bunga potong yang dimanfaatkan bunganya. Alstroemeria adalah bunga yang baru-baru ini cukup popular di dunia. Alstroemeria berasal dari Amerika Serikat dengan Chili dan Brasil sebagai pusat keragaman utama yang dikenal dengan tepal warna-warni dan hibrida. Alstroemeria atau biasa disebut tanaman hias inca lili merupakan salah satu bunga yang termasuk kedalam 10 bunga potong terpenting di dunia Dan tanaman inca lili merupakan bunga hias yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tanaman Inca lili ini sering disebut sebagai Peruvian lili karena berasal dari daratan Peru-Brazil. Inca lili termasuk dalam family Alstroemeria ceae dengan nama latin Alstroemeria sp. Kondisi agroklimat yang cocok untuk tumbuhnya inca lili yaitu pada ketinggian 400-1500 mdpl dengan intensitas cahaya sebesar 25-50% dan temperatur 15-25℃ dengan kelembapan udara mulai dari 70-90%. Suhu udara sangat mempengaruhi panajng batang bunga, tanaman yang tumbuh pada suhu dingin akan memiliki batang yang pendek dan tebal sedangkan pada suhu yang tinggi akan menghasilkan batang yang tinggi dan mudah rapuh. Alstroemeria mempunyai 6 helai mahkota, 3 yang terluar berukuran lebih panjang dann lebih lebar, sedangkan 3 didalam lebih pendek dan jauh lebih kecil. Mahkota mempunyai variasi bunga dasar yang cantik. Macam-macam warna mahkota bunga Alstroemeria yang putih kekuningan., serta kuning Bibit tanaman vi ini ditanam pada ketinggian kurang lebih 1200 mdpl. Bunga Astroemeria yang dibudiayakan di PT. Wahana Kharisma Flora terdiri dari 5 jenis warna yaitu Alstroemeria salem (pluto), Alatroemeria putih (capri), Alstroemeria ungu (Marina), Alstroemeria pink (flamengo), Alstroemeria merah (ibizi). Perawatan atau pemeliharaan manajemen on farm merupakan salah satu kegiatan penting untuk merawat bunga sebelum dipanen. Seluruh kegiatan dilakukan sesuai dengan Standart Operasional (SOP) yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu kegiatan yang paling penting selain perawatan juga perlu diperhatikan yaitu kegiatan penanganan panen dan pasca panen untuk menjag kesegaran bunga sebelum sampai pada tangan konsumen. Kegiatan panen yang dilakukan meliputi prapanen dan panen Alstroemeria. Selanjutnya adalah kegiatan pasca panen meliputi persiapan pasca panen, pengemasan, dan pemasaran. Jumlah permintaan pesanan bunga setiap harinya harus dikirim ke seluruh jaringan PT Wahana Kharisma Flora yang tersebar di kota-kota penting di Jawa Timur dan Bali.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCNAWP, Rizal PerlambangNIP197306161998021001
Uncontrolled Keywords: Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Tanaman Inca Lili (Alstroemeria Sp.)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Almira Anargya Sahda
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:58
Last Modified: 06 Aug 2022 04:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item