Mitta, Bella Ratna (2022) Analisis Usaha Stik Tempe Rasa-Rasa di Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
D31191307_ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (85kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
D31191307_PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (92kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
D31191307_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (9kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31191307_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Stik tempe rasa-rasa merupakan makanan ringan yang bisa dijadikan sebagai inovasi untuk berwirausaha, karena bahan-bahannya yang cenderung mudah dijumpai di kalangan masyarakat. Tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi mulai tanggal 13 Maret 2022 hingga 23 Mei 2022. Tujuan dilakukannya tugas akhir ini yaitu untuk melakukan proses produksi stik tempe rasa-rasa, menghitung analisis usaha stik tempe rasa-rasa, dan menerapkan strategi bauran pemasaran stik tempe rasa-rasa. Metode analisis usaha yang dilakukan menggunakan analisis BEP, R/C Ratio, dan ROI. Proses produksi stik tempe rasa-rasa terdiri dari beberapa tahap yaitu mulai dari menyiapkan alat dan bahan, mengukus tempe, menghaluskan tempe, menghaluskan bawang putih, mencairkan margarin, mencampur bahan, memipihkan adonan, membentuk stik, menggoreng stik, penirisan stik, mencampurkan bumbu tabur, dan mengemas stik. Pelaksanaan proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali , setiap produksi menghasilkan 21 kemasan dengan berat masing-masing 75 gram/ kemasan. Setiap satu kali produksi mendapatkan laba sebesar Rp66.391,87. BEP (Harga) sebesar Rp4.838,48/ kemasan dengan harga jual Rp8.000/kemasan. BEP (Produksi) sebesar 12,7 kemasan dengan total produksi sebanyak 21 kemasan, R/C Ratio sebesar 1,653 dan ROI sebesar 7,3%. Berdasarkan analisis usaha tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha stik tempe rasa-rasa layak untuk diusahakan. Pemasaran yang dilakukan menggunakan pemasaran secara langsung memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi. Kata Kunci : Analisis Usaha, Stik, Tempe
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Bella Ratna Mitta | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:18 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 06:18 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14335 |
Actions (login required)
View Item |