Analisis pengendalian persediaan bahan baku Kedelai dengan metode economic order Quantity (eoq) pada usaha kecil saudara jaya Kabupaten jember

Putra Wesanto, Fariz Bagas (2020) Analisis pengendalian persediaan bahan baku Kedelai dengan metode economic order Quantity (eoq) pada usaha kecil saudara jaya Kabupaten jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
8. ABSTRACT.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (68kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41161302_LAPORAN LENGKAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha Kecil Saudara Jaya merupakan salah satu industri tahu yang populer di wilayah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Industri ini memproduksi tahu mentah sekaligus tahu goreng. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah persediaan bahan baku kedelai secara optimal yang seharusnya dilakukan Usaha Kecil Saudara Jaya, waktu yang tepat untuk melakukan pembelian ulang bahan baku kedelai, frekuensi optimal pembelian bahan baku kedelai, serta total biaya pemesanan optimal yang dilakukan untuk pengadaan bahan baku kedelai Usaha Kecil Saudara Jaya Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan memaparkan bagaimana pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan perusahaan lewat data yang diperoleh dan di analisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Economic Order Quantity (EOQ) untuk mengetahui kuantitas optimal pembelian bahan baku, alat analisis Re-Order Point (ROP) untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pembelian ulang bahan baku, frekuensi pembelian dalam satu tahun, Safety Stock (SS) untuk mengetahui persediaan pengaman yang harus dimilkiki perusahaan, dan Total Inventory Cost (TIC) untuk mengetahui total biaya penyimpanan yang dilakukan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil analisis dengan metode EOQ, Usaha Kecil Saudara Jaya sebaiknya melakukan pemesanan bahan baku di tahun 2019 sebesar 73,2 Ton dengan frekuensi pemesanan 9 kali, ROP tiap 165 kg, Safety Stock sebesar 2,4 Ton dan biaya total penyimpanan sebesar Rp 203.882. Kata kunci: EOQ, pengendalian persediaan, biaya persediaan, bahan baku, ROP, Safety Stock, TIC, kedelai .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIDN0010107304
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:02
Last Modified: 03 Aug 2022 08:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item