Analisis Pengendalian Kualitas Benih Mentimun Hibrida Dengan Metode Spc Pada Cv Benih Primadona Kencana Di Kabupaten Jember

Lailiyah, Imadatul (2019) Analisis Pengendalian Kualitas Benih Mentimun Hibrida Dengan Metode Spc Pada Cv Benih Primadona Kencana Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
30. D41150417_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

CV Benih Primadona Kencana merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis benih buah dan sayuran. Salah satu benih yang diproduksi adalah benih mentimun hibrida. Benih yang berkualitas merupakan kunci utama untuk menghasilkan tanaman yang baik dan dapat memenuhi keinginan konsumen. Pengendalian kualitas benih mentimun hibrida dilakukan dengan menggunakan metode SPC (Statistical Process Control) yang bertujuan untuk meminimalkan penyimpangan dan kesalahan dalam proses produksi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang pengendalian kualitas benih mentimun pada CV Benih Primadona Kencana. Variabel penelitian yang digunakan adalah kemurnian benih, kadar air dan daya kecambah. Hasil analisis peta kendali X-bar dan R kemurnian benih mentimun hibrida berada dalam kondisi terkendali dengan nilai kapabilitas proses 1,04. Pada variabel kadar air dengan peta kendali X-bar dan R berada dalam kondisi terkendali dengan nilai kapabilitas proses 1,11 dan pada variabel daya kecambah dengan peta kendali np untuk ketidakseragaman tumbuh dan kecacatan benih mentimun berada dalam kondisi tidak terkendali dengan nilai kapabilitas proses masing-masing 0,86 dan 0,91. Faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan pada variabel daya kecambah benih mentimun hibrida adalah manusia, material, lingkungan dan peralatan. Permasalahan utama yang mempengaruhi daya kecambah benih mentimun hibrida adalah benih tumbuh tidak seragam. Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, SPC (Statistical Process Control), Peta Kendali, Kapabilitas Proses, Diagram Sebab - Akibat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIDN0010107304
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 167 - Teknologi Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:30
Last Modified: 03 Aug 2022 03:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14273

Actions (login required)

View Item View Item