Proses Budidaya Sawi Samhong (Brassica sinesis L.) secara Hidroponik di Love Gardenia Hidroponik Farm di Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Maulana, Rizky Ariyan (2022) Proses Budidaya Sawi Samhong (Brassica sinesis L.) secara Hidroponik di Love Gardenia Hidroponik Farm di Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
PKL_RINGKASAN_RIZKY ARIYAN MAULANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PKL_BAB 1 PENDAHULUAN_RIZKY ARIYAN MAULANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PKL_DAFTAR PUSTAKA_RIZKY ARIYAN MAULANA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (296kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL_FULL TEKS_RIZKY ARIYAN MAULANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Ptek Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan di Love Gardenia Hidroponik Farm di Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini bertujuan untuk memenuhi salah satu agenda di kurikulum pembelajaran di tingkat pendidikan Diploma. Mahasiswa diharapkan dengan melakukan kegiatan PKL ini, dapat memperoleh pengalaman kerja untuk melengkapi keterampilan praktek dan teori yang sudah diperoleh selama kegiatan perkuliahan berlangsung. Mahasiswa juga dapat diharapkan memperoleh pengetahuan serta keterampilan dalam melakukan budidaya secara hidroponik serta mengetahui ilmu dalam melakukan pemasarannya. Hidroponik merupakan salah satu metode perbanyakan tanaman tanpa menggunakan media tanah. Beberapa jenis hidroponik, yaitu Wick, Deep Water Culture (DWC), EBB dan Flow (Flood & Drain), Drip (recovery atau non-recovery), Nutrient Film Technique (NFT), dan Aeroponik. Ada ratusan variasi pada sistem hidroponik, tetapi semua metode hidroponik adalah variasi dan kombinasi dari enam jenis dasar. Pada perusahaan Love Gardenia menggunakan sistem hidroponik NFT dan substrat. Perusahaan Love Gardenia memfokuskan tanaman/komoditas yang dibudidayakan berupa tanaman sayur daun dengan sistem hidroponik NFT dan tanaman buah menggunakan sistem hidroponik substrat. Sawi samhong (Brassica sinesis L.) atau bisa juga disebut pakcoy hibrida atau sawi keriting. Sawi samhong memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan sawi putih. Namun, kedua jenis sawi ini memiliki perbedaan. Sawi samhong (Brassica sinesis L.) memiliki bentuk daun yang lebar dan berwarna hijau terang. Bentuknya sekilas mirip dengan sawi putih, namun memiliki perbedaan pada bentuk tajuknya. Sawi samhong daunnya ke arah luar (melebar dari pusat batang sawi) sedangkan sawi putih daunnya masuk ke arah dalam (ke pusat sawi) sehingga memiliki bentuk yang membulat. Di pasaran, sawi samhong memiliki nama lain seperti sawi hibrida, pakcoy hibrida, dan sawi keriting karena daunnya yang memang keriting. Sawi samhong yang dibudidayakan di Love Gardenia adalah sawi samhong varietas King F1 dan Jade F1. Dalam budidaya tanaman secara hidroponik, khususnya dalam hal ini budidaya sawi samhong, kita harus mengetahui pasar penjualannya agar kita tetap bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Rizky Ariyan Maulana
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:10
Last Modified: 01 Aug 2022 13:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item