Pengaruh Konsentrasi dan Lama Perendaman Ekstrak Tauge sebagai ZPT Alami Terhadap Pertumbuhan Stek Lada (Piper nigrum L.)

Salvana, Shifa Diazty (2022) Pengaruh Konsentrasi dan Lama Perendaman Ekstrak Tauge sebagai ZPT Alami Terhadap Pertumbuhan Stek Lada (Piper nigrum L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (535kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (486kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lada (Piper nigrum L.) termasuk salah satu tanaman rempah yang khas yang memiliki nilai ekonomis tinggi tidak dapat digantikan dengan yang lain. Teknik budidaya yang kurang baik khususnya dalam hal penyediaan bahan tanam menjadi permasalahan budidaya lada di Indonesia yang menyebabkan penurunan produktivitas tanaman lada. Rendahnya produksi lada di Indonesia menjadi penyebab sulitnya mendapatkan bibit lada yang baik dan berkualitas. Usaha untuk menambah produksi tidak hanya melalui perluasan lahan saja, tetapi juga harus dengan perbaikan dan pengembangan teknik budidaya dengan melakukan perbanyakan secara vegetative yaitu dengan stek. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di Rumah Kawat, pada bulan Januari 2022 sampai April 2022 Politeknik Negri Jember. Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAK) yang terdiri dari 2 faktor, dimana faktor pertama yaitu macam konsentrasi ekstak tauge K0 = ekstrak tauge 0 ppm (kontrol), K1 = ekstrak tauge 21 ppm atau 7,5%, K2 = ekstrak tauge 42 ppm atau 15% dan faktor kedua yaitu lama perendaman ekstrak tauge P1 = 2 jam, P2 = 3 jam, P3 = 4 jam. Parameter yang diamati adalah persentase bertunas, panjang tunas, jumlah ruas, diameter tunas dan volume akar. Hasil pengamatan di uji menggunakan (Anova) dan apabila terjadi hasil yang berbeda nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) taraf 5%. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh perlakuan konsentrasi dan lama perendaman ekstrak tauge berpengaruh tidak nyata terhadap parameter persentase bertunas, panjang tunas, jumlah ruas, diameter tunas dan volume akar stek lada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardati, IrmaNIDN0019126905
Uncontrolled Keywords: Stek lada, Konsentrasi, Lama Perendaman
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Shifa Diazty Salvana
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:28
Last Modified: 01 Aug 2022 03:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item