Budidaya Organik dan Sistem Pasca Panen Pada Tanaman Selada Wangi / Siomak (Lactuca sativa L.) di Yayasan Kaliandra Sejati, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Putri, Dian Nandani (2022) Budidaya Organik dan Sistem Pasca Panen Pada Tanaman Selada Wangi / Siomak (Lactuca sativa L.) di Yayasan Kaliandra Sejati, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
PKL RINGKASAN_DIAN NANDANI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PKL PENDAHULUAN_DIAN NANDANI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (373kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PKL DAPUS_DIAN NANDANI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (380kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL FULL TEXT_DIAN NANDANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu program yang tercantum dalam kurikulum akademik Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Jember yang dilaksanakan pada awal semester Lima. Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan dengan cara menjalin kerja sama dengan instansi atau perusahaan yang masih terkait erat dengan disiplin ilmu mahasiswa dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan. Program ini memiliki tujuan agar mahasiswa mendapat banyak pengetahuan dan keterampilan sehingga tidak hanya mengasah hard skill tetapi juga soft skill. Yayasan Kaliandra Sejati merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum dan juga salah satu perusahaan sosial yang bergerak di bidang Agribisnis. Yayasan ini didirikan pada tahun 1997 di Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Pemilik dari Kaliandra sendiri yaitu bapak Atmadja Tjiptobiantoro. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilakukan di Yayasan Kaliandra Sejati, Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Perusahaan ini memiliki beberapa cabang bisnis, diantaranya yaitu Organic Farm, Resort, dan Resto. Salah satu cabang bisnis yang unggul di Yayasan Kaliandra Sejati yaitu Organic Farm. Kaliandra Organic Farm memiliki peran dalam meningkatkan produksi pertanian tanaman hortikultura, khususnya tanaman sayur. Dengan teknik penerapan yang diterapkan yaitu Pertanian Organik. Selada (Lactuca sativa L.) merupakan sayuran yang mempuyai nilai komersial dan prospek yang cukup baik. Selada pada umumnya digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang renyah dan dimakan dalam keadaan segar. Jenis selada yang belum banyak dikenal masyarakat adalah siomak atau dikenal juga dengan nama selada wangi, selada ini memiliki rasa renyah dan aroma menyerupai pandan. Mengingat dari rasa dan aromanya yang enak siomak ini memiliki prospek yang lebih tinggi Selada siomak belum dikenal masyarakat luas, karena belum pernah ada yang memproduksi dan memasarkan, serta harga selada siomak yang ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan harga sayuran jenis selada lainnya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPertami, Rindha Rentina DarahNIDN0001058707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Dian Nandani Putri
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:25
Last Modified: 01 Aug 2022 01:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item