Prosedur Penanganganan Penyakit Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Kandang Rearing Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur

Arifin, Muhammad Syamsul (2022) Prosedur Penanganganan Penyakit Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Kandang Rearing Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full text arip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang dilakukan untuk memenuhi syarat menyelesaikan pendidikan jenjang D-III di Jurusan Peternakan Program Studi Produksi Ternak yang dilaksanakan di Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) dimulai pada 01 September sampai 31 Desember 2021. Tujuan dari PKL ini secara umum untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa yang akan terjun dalam dunia kerja peternakan, baik wawasan maupun keterampilannya mengenai proses pemeliharan sapi perah. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas sapi perah PFH dalam menghasilkan bibit sapi perah unggul adalah manajement pemeliharaan, manajement reproduksi dan program kesehatan. Penanganan penyakit sangat penting dilakukan pada sapi perah PFH. Faktor pemeliharaan dan faktor perkandangan yang menjadi penyebab terjadinya gangguan kesehatan. Penangan pertama kali yang harus dilakukan ketika sapi perah mengalami gangguan kesehatan yaitu pengamatan untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita. Hal ini bertujuan sebagai bahan evaluasi dan dilakukan pencegahan serta penanganan terhadap gangguan kesehatan yang menyerang pada sapi perah. Prosedur penanganan penyakit pada sapi perah PFH di Koperasi Agro Niaga Jabung sangat penting dilakukan agar kita dapat mengetahui ganguan kesehatan yang terjadi pada sapi perah. Adapun penyakit yang sering terjadi pada sapi perah fase dara kandang rearing meliputi: Diare, Bovine ephemeral fever (BEF), Pneumonia, Scabies, Asidosis, Fasciolasis/Distomatosis, dan Enteritis. Penangan penyakit tersebut dilakukan oleh unit keswan dibawah naungan Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRukmi, Dyah LaksitoNIDN0019018803
Uncontrolled Keywords: Penyakit, kandang rearing, sapi perah
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 221 - Sain Veteriner
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Muhammad Syamsul Arifin
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:55
Last Modified: 28 Jul 2022 01:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13915

Actions (login required)

View Item View Item