Usaha Tani Selada Endive (Cichorium Endivia L.) Dengan Teknologi Pemanfaatan Bahan Organik Mol (Mikro Organisme Lokal ) Di Orgomedia Malang

Fandani, Radita Catur (2021) Usaha Tani Selada Endive (Cichorium Endivia L.) Dengan Teknologi Pemanfaatan Bahan Organik Mol (Mikro Organisme Lokal ) Di Orgomedia Malang. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_A31191983_Radita Catur Fandani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (145kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1_A31191983_Radita Catur Fandani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_A31191983_Radita Catur Fandani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_A31191983-Radita Catur Fandani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Endive (Cichorium endivia L.) merupakan tanaman sayuran daun yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalsium ,kalium, fosfor magnesium, vitamin C dan vitamin E. Tanaman ini diduga berasal dari Asia Barat, akan tetapi sumber genetik (plasma nutfah) berasal dari kawasan Amerika Serikat. Pada perkembangan selanjutnya, budidaya tanaman Andewi atau Endive ini menyebar luas ke negara-negara yang beriklim sedang maupun panas di belahan dunia. Larutan MOL (Mikro Organisme Lokal) adalah larutan hasil fermentasi yang berbahan dasar dari berbagai sumber daya yang tersedia setempat baik dari tumbuhan maupun hewan. Larutan MOL mengandung unsur hara mikro dan makro dan juga mengandung bakteri yang berpotensi sebagai perombak bahan organik dalam tanah, perangsang pertumbuhan pada tanaman, dan sebagai agens pengendali hama dan penyakit tanaman (Roni, 2019). Hasil analisa tani budidaya Endive dengan luas 12 m2 diperoleh produksi 6,8 kg dengan total biaya Rp. 165.000,- dengan harga jual Rp. 30.000;- /kg. Pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 204.000,- keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 29.000,- R/C Ratio 1,23, BEP Harga RP. 24,264,- kg dan BEP Unit Rp. 5,5 kg. Budidaya tanaman budidaya Endive dengan menggunakan teknologi pemanfaatan bahan organik Mol (Mikroorganisme Lokal) layak untuk diusahakan karena nilai R/C Rasio > 1. Praktik kerja lapang (PKL) dilaksanakan di Orgo Organic Farm Indonesia (Gogrin) juga dikenal dengan sebutan Orgomedia yang bertempat di Jalan Bayam II Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Orgomedia merupakan salah satu tempat budidaya sayuran organik yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Tujuan dari praktik kerja lapang ini adalah agar mahasiwa yang berpendidikan Diploma sudah mencapai tahap akhir pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif dan afektif namun juga psikomotorik yang meliputi keterampilan Intelektual, social, fisik dan manajerial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPertami, Rindha Rentina DarahNIDN0001058707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Radita Catur Fandani
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:53
Last Modified: 28 Jul 2022 01:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item