Efektivitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Tungku Pengeringan Sheet Lateks di PTPN XII Kebun Kalirejo Glenmore Banyuwangi

Riska, Eka Novita (2022) Efektivitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Tungku Pengeringan Sheet Lateks di PTPN XII Kebun Kalirejo Glenmore Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman karet atau disebut dengan Havea brasiliensis) adalah tanaman yang biasanya ada pada perkebunan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tanaman karet tersebut diambil getah karetnya pertama kali pada umur tahun ke-5. Getah dari tanaman karet (lateks) nantinya akan diolah menjadi lembaran karet (sheet), karet remah (crumb rubber) dan bongkahan (kotak), bahan tersebut merupakan bahan baku dalam industri karet. Kayu pada tanaman karet, bila kebun karetnya akan diremajakan, juga dapat berfungsi sebagai bahan bangunan, contohnya digunakan untuk membuat rumah, furniture dan lain-lain. Pengeringan sheet adalah salah satu bagian terpenting dalam pengolahan karet RSS. Tata cara pengeringan sheet yang salah dapat membuat kualitas karet RSS menjadi turun. Proses pengeringan dimulai dari sheet basah yang dibawa ke kamar pengasapan, ditiriskan, pengasapan, pembalikan, pengeringan, penurunan dan sortasi. Permasalahan yang terjadi dalam proses pengeringan RSS dibagi ke dalam empat faktor yaitu 1) faktor manusia disebabkan kurangnya kedisiplinan dan pemahaman, 2) faktor bahan baku disebabkan lateks labil yang harus diolah, 3) faktor metode disebabkan kebersihan tidak sesuai SOP dan melebihi kapasitas kamar, 4) faktor lingkungan disebabkan adanya musim kemarau dan musim hujan. adapun solusi untuk mengatasinya yaitu 1) faktor manusia yaitu meningkatkan kedisiplinan dan pemahaman, 2) faktor bahan baku yaitu memberikan campuran amoniak pada lateks, 3) faktor metode yaitu meningkatkan kesadaran mengenai SOP yang ditetapkan, 4) fakyor lingkungan yaitu membuka pintu dan jendela saat kemarau, dan menutup kayu menggunakan terpal saat musim hujan. Ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan memberikan ususlan perbaikan produksi pengeringan sheet lateks dan untuk mengetahu faktor yang mempengaruhi efektifitas produksi di PTPN XII Kebun Kalirejo. Pada metode pengeringan sheet lateks 120 jam. Dari hasil penelitian didapatkan hasil availability dengan rata-rata 100%, dan hasil performance 67%, hasil dari Quality 97%, dan rata-rata OEE 64% . Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi mutu produksi karet adalah dipengaruhi oleh tenaga kerja dan juga cuaca terkadang saat musim hujan produksi karet lebih menurun dan lebih sedikit memperoleh jumlah produksi dan itu bisa memperlambat hasil produksi karet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN0004126703
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Eka Novita Riska
Date Deposited: 02 Aug 2022 00:46
Last Modified: 02 Aug 2022 00:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13880

Actions (login required)

View Item View Item