Manajemen Pemeliharaan Jambu Kristal (Psidium Guajava L. Merr) Di Pt Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu

Agustyanto, Moch. Rafid (2021) Manajemen Pemeliharaan Jambu Kristal (Psidium Guajava L. Merr) Di Pt Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31191630_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di PT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kota Batu. Kegiatan ini merupakan persyaratan mutlak kelulusan mahasiswa di Politeknik Negeri Jember yang berguna untuk mempersiapkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia industri sesuai bidang keahliannya. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksankan semester 5 (lima) dengan bobot 20 sks dalam waktu 768 jam atau 4 bulan mulai tanggal 1 September 2021 sampai 20 Desember 2021. PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya merupakan salah satu perusahaan bisnis yang bergerak pada sektor pertanian di bidamg budidaya tanaman tahunan, budidaya tanaman semusim, industri, pariwisata dan perhotelan. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Abdul gani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa timur. Kota Batu terletak sekitar 15 Km dari Kota Malang, berada di jalur Malang - Jombang dan berada pada ketinggian 680-1700 meter dari permukaan laut. Batu dikenal sebagai kawasan wisata pegunungan yang sejuk dan di kenal sebagai kawasan agropolitan yang banyak menghasilkan buah dan sayur-sayuran, khususnya buah Apel. Buah yang di tanam pada perusahaan ini yaitu tanaman tahunan berupa tanaman apel, jambu, jeruk, strawberry dan tanaman koleksi lainnya. Salah satu tanaman yang dibudidayakan yaitu tanaman jambu kristal. PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya membudidayakan jambu kristal sejak tahun 2011. Jambu kristal dibudidayakan dengan luas lahan 3.125 m^2. Jumlah pohon yang dibudidayakan sebanyak 500 pohon dengan jarak tanam 3 m x 2.5 m. Tanaman jambu kristal (Psidium guajava L. Merr) adalah jenis kultivar dari jambu biji. Jambu kristal dapat tumbuh di daerah tropis sekitar ketinggian 1000 mdpl dengan curah hujan optimum tidak kurang dari 2.000 mm per tahun atau sekitar 7-12 bulan basah. Penanaman jambu kristal diwilayah yang tepat dapat menghasilkan buah yang optimal. Buah jambu kristal berbentuk bulat tidak beraturan, berbiji sedikit, warna kulit buah hijau, dan memiliki daging buah berwarna putih. Jambu kristal memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dari jambu getas merah karena jambu kristal membutuhkan perawatan lebih banyak. Manajemen pemeliharaan jambu kristal merupakan faktor penting dalam keberhasilan budidaya dari tanaman jambu kristal sehingga pemeliharaan dapat dilaksanakan efektif dan efisien serta menghasilkan buah yang optimal. Beberapa tahapan pemeliharaan jambu kristal antara lain: penyiraman, penyiangan/sanitasi, pemupukan, pembungkusan, pemangkasan, dan pengendalian hama dan penyakit.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemeliharaan, dan Jambu Kristal
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Moch. Rafid Agustyanto
Date Deposited: 01 Aug 2022 12:45
Last Modified: 01 Aug 2022 12:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item View Item