Pengembangan Usaha Agroindustri Frozen Fish Pada UD. Bayu Segara Banyuwangi Dengan Pendekatan Decision Support System (DSS)

Idham, Afif Naufal (2022) Pengembangan Usaha Agroindustri Frozen Fish Pada UD. Bayu Segara Banyuwangi Dengan Pendekatan Decision Support System (DSS). Undergraduate thesis, politeknik negeri jember.

[img] Text (Abstract)
1. abstrak skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
1. bab 1 skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. dapus skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full text skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengambil tempat penelitian perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri Frozen Fish. Pengambilan lokasi penelitian bertempat di UD. Bayu Segara Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi dan menganalisis kinerja aspek hukum, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek manajemen dan sumber daya manusia,aspek lingkungan dan aspek keuangan pada UD. Bayu Segara dan merekomendasikan strategi perbaikan yang bisa dilakukan perusahaan UD. Bayu Segara dalam upaya pengembangan usaha berdasarkan hasil analisis aplikasi DSS UMKM v.2.0. Pendekatan Decision Support System (DSS) menjadi salah satu cara alternatif untuk menganalisis berbagai masalah dalam perusahaan sehingga dapat mencari solusi untuk masalah yang mencakup berbagai aspek seperti Hukum, Pemasaran, Produksi, Manajemen dan sumber daya manusia, dan Keuangan atau berbagai aspek yang terdapat dalam aplikasi DSS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa prioritas perbaikan yang perlu dilakukan perusahaan diantaranya; (1) aspek hukum, hasil analisis executive summary serta kelengkapan dokumen dan legalitas usaha yang dimiliki berada pada kondisi yang layak untuk dikembangkan, dengan indikator perusahaan yang telah memiliki NPWP, SIUP, dan perusahaan sudah berbentuk UD. (2) pemasaran, pada aspek pemasaran UD. Bayu Segara secara keseluruhan berada pada kondisi layak dikembangkan (feasible), dengan indikator tingkat permintaan dan kualitas produk yang tinggi, pangsa pasar yang luas, serta posisi perusahaan sebagai market leader. (3) produksi, pengembangan fasilitas dan peralatan produksi; UD. Bayu Segara secara keseluruhan berada pada kondisi layak dikembangkan (feasible), dengan indikator lokasi usaha yang mudah dijangkau, dan tingkat tenaga kerja yang mudah dan banyak ditemukan dalam jangkauan satu kecamatan dengan lokasi perusahaan. (4) MSDM, pelengkapan berkas izin usaha dan pelatihan karyawan supaya lebih baik dalam melaksanakan pekerjaaan; (5) lingkungan, harga jual mengikuti BEP pada saat bahan baku berada dalam keadaan harga tertinggi; (6) keuangan, pencatatan aspek keuangan secara detail dan terperinci supaya arus keuangan dapat dipantau dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Uncontrolled Keywords: Frozen Fish, Decision Support System, UD. Bayu Segara
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Afif Naufal Idham
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:02
Last Modified: 25 Jul 2022 08:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item