Evaluasi Pemberian Rumput Pakchong dan Rumput Gajah Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur

Polly, Selvia Juriza Anggraini (2022) Evaluasi Pemberian Rumput Pakchong dan Rumput Gajah Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31191021_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usaha peternakan sapi perah memiliki tujuan utama yang berfokus bisnis pada penyediaan susu. Produktivitas sapi perah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor nutrisi dan pakan ternak. Pemberian hijauan dan konsentrat harus mencukupi kebutuhan hidup pokok dan produksi ternak sapi perah. Rumput pakchong dan rumput gajah diketahui memiliki kandungan nutrien yang baik jika digunakan sebagai konsumsi hijauan pakan untuk ternak sapi perah. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi pemberian rumput pakchong dan rumput gajah terhadap produktivitas susu. Peneltian ini dilaksanakan di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Kecamatan Jabung Kabupaten Malang yang beralamat di Jalan Suropati No. 4-6 Kemantren, Jabung, Malang mulai tanggal 1 September sampai 31 Desember 2021. Sapi yang digunakan sebanyak 5 ekor sapi perah laktasi pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi pemberian rumput pakchong dan rumput gajah terhadap produksi susu sapi Peranakan Frisiean Holstein (PFH) di Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah Jawa Timur terhadap produksi dan kualitas susu. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kebutuhan pakan sapi perah diambil dari 10% BB dengan BK 3-4% BB sapi. Pemberian Rumput Pakchong menghasilkan produksi susu sebanyak 10,34 liter dan sapi dengan pemberian Rumput Gajah menghasilkan produksi susu sebanyak 9,79 liter. Pemberian pakan hijauan Rumput Gajah dan Rumput Pakchong keduanya menghasilkan komposisi kimia susu yang sudah memenuhi standar kualitas susu segar. Sedangkan komposisi kimia susu yang ada pada pemberian rumput gajah dan rumput pakchong keduanya memenuhi standar susu segar menurut SNI 01-3141-2011 yaitu fat 4,6-4,7% , berat jenis 1,027 dan protein 3,2 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRukmi, Dyah LaksitoNIDN0019018803
Uncontrolled Keywords: Rumput Gajah, Rumput Pakchong,Produksi Susu Sapi Peranakan Frisiean Holstein (PFH
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Selvia Juriza Anggraini Polly
Date Deposited: 02 Aug 2022 00:41
Last Modified: 02 Aug 2022 00:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item