Studi Ukuran Tubuh Dan Sifat Perahan Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein Di Ksud Margo Makmur Mandiri Kota Batu

Kader, Abdul (2022) Studi Ukuran Tubuh Dan Sifat Perahan Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein Di Ksud Margo Makmur Mandiri Kota Batu. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31191101_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

“Studi Ukuran Tubuh Dan Sifat Perahan Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein Di Ksud Margo Makmur Mandiri Kota Batu” Abdul Kader, NIM C31191101, Tahun 2022, 39 halaman. Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Ir. Erfan Kustiawan, S.Pt., MP.,IPM (Dosen Pembimbing). Industri peternakan di Indonesia semakin maju dan meningkat baik usaha peternakan skala kecil maupun skala besar. Hal ini didorong karena permintaan protein hewani (susu, daging dan telur) lebih memiliki kualitas yang baik dibandingkan protein nabati untuk memenuhi kebutuhan protein manusia. Kemampuan sapi perah peranakan Friesian Holstein (PFH) memproduksi susu bergantung pada interaksi dari faktor genetik dan faktor lingkungan serta mencakup aspek pakan, reproduksi dan tatalaksana pemeliharaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan ukuran tubuh dan sifat perahan terhadap produksi susu. Pengamatan dilakukan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 1 Oktober sampai 31 Oktober 2021 di KSUD Margo Makmur Mandiri yang berlokasi di dusun Brau, desa Gunungsari, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Bahan pengamatan yang digunakan berupa sapi perah betina peranakan Friesian Holstein (PFH) sebanyak 10 ekor. Parameter pengamatan meliputi ukuran tubuh, sifat perahan dan produksi susu. Hasil identifikasi yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ukuran tubuh sapi perah peranakan Friesian Holstein (PFH) yang memiliki hubungan dengan produksi susu yaitu lingkar dada dan tinggi badan. Semakin besar volume ambing menghasilkan produksi susu yang lebih tinggi. Saran yang dapat diberikan hasil studi ini adalah untuk pemilihan sapi perah dengan produksi susu yang tinggi sebaiknya dengan kriteria lingkar dada minimal 180 cm dan tinggi badan minimal 124 cm. Untuk volume ambing minimal 6896,88 cm3 dengan rata-rata panjang ambing 49,2 cm lebar ambing 31,8 cm dan tinggi ambing 22,2 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Studi Ukuran Tubuh Dan Sifat Perahan Terhadap Produksi Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Kader Abdul
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:11
Last Modified: 19 Jul 2022 02:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item View Item