Aprilia, Astrid Kartika Dewi and Nurmawati, Ida and Wijayanti, Rossalina Adi (2020) IDENTIFIKASI PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT HUSADA UTAMA SURABAYA TAHUN 2020. J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1 (4). pp. 630-638. ISSN 2721-866X
Text (Hasil Similaritu)
9. IDENTIFIKASI PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYEDIAAN DOKUMENREKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT HUSADA UTAMASURABAYATAHUN 2020.pdf.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan yang cepat dan tepat merupakan keinginan konsumen. Kecepatan penyediaan dokumen rekam medis ke PDS dapat menjadi indikator dalam mengukur kepuasan. Berdasarkan SPM rumah sakit waktu penyediaan rekam medis pasien rawat jalan adalah ≤ 10 menit. RS Husada Utama Surabaya telah melaksanakam manajemen rekam medis, namun terdapat masalah dalam pelaksanaannya yakni dalam penyediaan dokumen rekam medis masih kurang maksimal dan sering mengalami keterlambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan penyediaan dokumen rekam medis pasien di pelayanan rawat jalan berdasarkan 7M (man, money, method, material, machine, motivation, dan media). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara kepada 4 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan, pengetahuan, dan pelatihan petugas mengenai ilmu rekam medis masih kurang, anggaran dikelola oleh pihak manajemen keuangan dan tidak ada rincian untuk kebutuhan unit rekam medis, tidak tedapat SOP tentang penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan, berkas rekam medis hanya berupa lembaran kertas HVS tipis, map yang digunakan mudah rusak, petugas rekam medis rawat jalan tidak pernah mendapatkan reward dari pimpinan, ruangan dan rak filling tidak dapat menyimpan dokumen rekam medis rekam medis dengan baik. Kesimpulannya faktor yang menjadi penyebab keterlambatan penyediaan dokumen rekam medis yaitu man, money, method, material, motivation, dan media. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Rumah Sakit Husada Utama untuk memperbaiki pelayanan penyediaan rekam medis pasien rawat jalan. Kata kunci: Berkas Rekam Medis, Waktu Penyediaan, RS Husada Utama
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) |
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Publikasi |
Depositing User: | Ida Nurmawati |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:27 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:27 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13489 |
Actions (login required)
View Item |