Teknik Budidaya Selada Romaine (Lactuca sativa L. var. Longifolia) secara Organik di Yayasan Kaliandra Sejati Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Sari, Geby Laguma Muliskah Sari (2022) Teknik Budidaya Selada Romaine (Lactuca sativa L. var. Longifolia) secara Organik di Yayasan Kaliandra Sejati Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selada Romaine (Lactuca sativa L. var. Longifolia) merupakan jenis sayuran di Indonesia yang banyak dikonsumsi dalam bentuk segar karena memiliki warna daun hijau segar, tekstur yang renyah, dan rasanya yang enak sehingga sangat menarik minat konsumen. Selain itu, selada romaine mempunyai nilai tambah terhadap manfaat kesehatan seperti mencegah panas dalam, melancarkan metabolisme, membantu menjaga kesehatan rambut, dan mencegah kulit menjadi kering. Sistem pertanian di Indonesia hingga saat ini masih bersifat konvensional serta para petani masih mengandalkan pupuk kimia yang semakin sulit untuk di dapat, sehingga harus ada pendekatan yang baik agar pertanian Indonesia mengalami kemajuan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menangani dampak yang ditimbulkan dari penerapan sistem pertanian konvensional tersebut yaitu dengan mengubahnya menjadi sistem pertanian berkelanjutan. Pertanian organik merupakan suatu bagian integral dari pertanian berkelanjutan dengan penggunaan bahan organik alami. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Yayasan Kaliandra Sejati, Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bertujuan untuk menyelesaikan tahap akhir pembelajaran sebagai mahasiswa Diploma. Mahasiswa diharapkan memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan manajerial. Selain itu, meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai teknik budidaya selada romaine yang sangat diperlukan dalam budidaya selada romaine, agar produktivitas selada romaine meningkat dan kualitas selada romaine dapat terjamin.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPertami, Rindha Rentina DarahNIDN0001058707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: GEBY LAGUMA MULISKAH SARI
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:51
Last Modified: 08 Jul 2022 01:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item