Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cangkang Telur Ayam Ras terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.)

Murty, Ferra Kharisma (2022) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cangkang Telur Ayam Ras terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahulan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (60kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy

Abstract

Jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.) merupakan sayuran buah dan tergolong ke dalam famili Poaceae. Jagung manis dapat ditanam di dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi. Permintaan pasar yang tinggi mengakibatkan budidaya jagung manis dilakukan lebih intensif, sehingga jumlah produksi jagung manis setiap tahun meningkat. Hal ini menyebabkan usahatani jagung manis memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan. Tanaman jagung manis merupakan tanaman yang tamak akan unsur hara. Jagung manis dapat tumbuh optimal apabila unsur hara yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Pemenuhan unsur hara harus diberikan seimbang antara organik dan anorganik. Pemberian POC cangkang telur ayam ras bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dan kualitas tanaman jagung manis. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini dilaksanakan pada bulan 17 Juni 2021 sampai 30 September 2021. Bertempat di Lahan Politeknik Negeri Jember, Sumbersari, Jember dengan luasan 150 m2. Lahan tersebut dibagi menjadi 2 dengan luasan masing-masing 75m2. Lahan pertama diberi perlakuan POC cangkang telur sebagai tambahan pada pupuk susulan dan lahan kedua yaitu lahan kontrol (tanpa perlakuan POC cangkang telur). Hasil Uji-T menunjukkan bahwa pemberian POC cangkang telur memberikan pengaruh yang sangat nyata pada parameter uji kemanisan dan berpengaruh tidak nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat tongkol, panjang tongkol, dan diameter tongkol. Hasil produksi tanaman jagung manis yang laku dijual pada lahan perlakuan adalah 120 kg dan pada lahan kontrol adalah 107,05 kg. Berdasarkan perhitungan Analisis Usaha Tani, produksi jagung manis dengan perlakuan POC cangkang telur dan tanpa perlakuan POC cangkang telur menunjukkan bahwa PUM ini layak diusahakan karena memiliki nilai R/C ratio > 1, dengan masing-masing R/C ratio 2,03 dan 2,04.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEliyatiningsih, EliyatiningsihNIDN0009128404
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Ferra Kharisma Murty
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:15
Last Modified: 08 Jul 2022 03:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item