Analisis Kepuasan Kerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya

NH, Nurhidayah (2021) Analisis Kepuasan Kerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
01. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
02. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
03. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja adalah suatu perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi karakteristiknya (Robbins dan Judge 2012). Petugas yang puas lebih menyukai situasi pekerjannya dari pada petugas yang tidak puas (Ristiana, 2013). Robbins dan Judge mengemukakan bahwa terdapat empat konsekuensi dari petugas yang tidak menyukai pekerjaan mereka yaitu, keluar (exit), aspirasi (voice), kesetiaan (loyalty), dan pengabaian (neglect) (Robbins, P. Stephen & Judge, 2017). Berdasarkan hasil wawancara kepada kepala rekam medis di Rumah Sakit Universitas Airangga dari tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021 tingkat turn over terbanyak pada tahun 2020 yaitu terdapat 5 petugas yang mengundurkan diri, dari pekerjaanya. Adapun petugas juga mengeluh tentang kurangnya fasilitas kerja yang disedikan oleh Rumah Sakit sehingga menghambat proses kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepuasan kerja petugas rekam medis dan Mengetahui tingkat kepuasan kerja petugas rekam medis. Berdasarkan dari hasil kegiatan analisis mengenai kepuasan kerja petugas rekam medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga, tingkat kepuasan kerja petugas rekam medis secara keseluruhan dapat dikategorikan memuaskan. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya respon positif dari keseluruhan item-item kepuasan kerja yaitu (1) pekerjaan itu sendiri, (2) gaji, (3) promosi, (4) atasan, (5) rekan kerja. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah Sebaiknya instansi pelayanakan kesehatan harus mengevalusi terkait kepuasan pada petugas rekam medis.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmawati, IdaNIDN0019018905
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kepuasan kerja, petugas Rekam Medis
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Nurhidayah NH
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:03
Last Modified: 06 Jul 2022 07:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item