Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Formulir Resume Medis Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Cermee Kabupaten Bondowoso

Lufianti, Siti Alifa (2022) Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Formulir Resume Medis Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Cermee Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. Siti Alifa Lufianti-abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Siti Alifa Lufianti-bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Siti Alifa Lufianti-full text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Siti Alifa Lufianti-daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)

Abstract

Formulir resume medis pasien merupakan ringkasan dari seluruh masa perawatan dan pengobatan pasien sebagaimana yang telah diupayakan oleh para tenaga kesehatan dan pihak terkait. Berdasarkan studi pendahuluan pada bulan Maret 2021 peneliti memperoleh informasi data pada formulir resume medis yang tidak terisi lengkap, ketidaklengkapan tertinggi yaitu terdapat pada komponen identifikasi yaitu sebesar 86,7%, sedangkan persentase kelengkapannya yaitu sebesar 13,3%, dan ketidaklengkapan tertinggi terletak pada bagian nama pasien dan nomor rekam medis, ketidaklengkapan selanjutnya yaitu pada komponen Autentifikasi yaitu sebesar 80%, sedangkan persentase kelengkapannya yaitu sebesar 20%, dan ketidaklengkapan tertinggi terletak pada item nama dokter penanggung jawab dan tanggal pencatatan formulir resume medis pasien, ketidaklengkapan selanjutnya yaitu pada komponen laporan penting yaitu sebesar 56,7% sedangkan persentase kelengkapannya yaitu sebesar 43,3%. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor - faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian formulir resume medis pasien. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini terdiri dari 1 kepala puskesmas, 3 dokter rawat inap, dan 1 petugas rekam medis, objek pada penelitian ini yaitu menggunakan formulir resume medis rawat inap untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tidak lengkapnya formulir resume medis rawat inap, cara pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu prioritas pertama belum terdapat SOP (Standart Operational Procedure) tentang pengisian resume medis sehingga ditentukan upaya membuat SOP pengisian resume medis yang sesuai dengan standar pelayanan rekam medis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rossalina AdiNIDN0719028401
Uncontrolled Keywords: Incomplete medical resume, USG (Urgency, Seriousness, Growth).
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Lufianti Siti Alifa
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:34
Last Modified: 06 Jul 2022 06:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item