Nabila, Salma Firyal and Santi, Maya Weka and Tabrani, Yusirwan and Deharja, Atma (2020) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1 (4). pp. 519-528. ISSN 2721-866X
Text
5. Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text (Hasil Peer Review)
Analisis faktor penyebab pending klaim akibat koding berkas rekam medis pasien rawat inap di RSUPN dr Cipto mangunkusumo.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
Abstract
Klaim BPJS Kesehatan adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang layak, namun untuk berkas yang tidak layak klaim atau pending (unclaimed) harus dikembalikan ke rumah sakit untuk diperiksa kembali. Kejadian pending klaim di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo disebabkan oleh beberapa hal diantaranya administrasi, medis, koding, tidak layak dan lainnya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan berkas pending klaim pada bulan januari 2020 sebanyak 788 dari 2539 pasien rawat inap yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan analisis terkait faktor penyebab pending klaim akibat koding melalui pendekatan fenomenologi yang meliputi input dan proses pada bagian Koding di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. Hasil penelitian terkait SDM diperlukan penambahan jumlah sumber daya manusia serta sosialisasi pembaharuan dari aturan koding. Terkait Sarana dan Prasarana yaitu keterbatasan ruangan petugas koding diperlukan pertemuan secara rutin. Terkait Teknologi yaitu mendukung proses klaim berkas rekam medis pasien diintegrasikan dengan proses manajemen lain yang terdapat di SIMRS. Berdasarkan analisis proses terkait Perencanaan yaitu telah memiliki SOP penyelesaian permasalahan pending klaim. Terkait Pengorganisasian yaitu perlu dibuat job description khususnya pada petugas bagian coding. Terkait Pelaksanaan yaitu proses pengklaiman dilihat dari alur yang ada telah sesuai dengan SOP yang berlaku serta pada analisis proses terkait Evaluasi yaitu mengadakan pertemuan rutin atau rapat bulanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Publikasi |
Depositing User: | Maya Weka Santi |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 22:01 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 04:52 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13030 |
Actions (login required)
View Item |