Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Divisi II PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah

Baskoro, Sinar (2022) Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Divisi II PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Sinar Baskoro_Abstrak TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Sinar Baskoro_Latar Belakang TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Sinar Baskoro_Daftar Pustaka TA .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (312kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap TA-Sinar Baskoro.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan yang memiliki peran sangat penting bagi Indonesia. Curah hujan merupakan salah satu unsur iklim yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan buah kelapa sawit. Curah hujan yang dikehendaki kelapa sawit sebesar 2000-2500 ml/tahun tanpa adanya water defisit maupun water surplus. Tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat hubungan curah hujan terhadap produksi tandan buah segar kelapa sawit di Divisi II PT. Mananjung Hayak. Kegiatan ini dilakukan di Divisi II PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah pada bulan September 2021 sampai dengan Januari 2022. Kegiatan ilmiah ini menggunakan data sekunder yang tersedia di administrasi kebun. Data sekunder untuk keperluan analisis meliputi data curah hujan kebun pada tahun 2016 sampai dengan 2020 dan data produksi kelapa sawit dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2022. Kegiatan ini menggunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana dengan curah hujan sebagai faktor (X) dan produksi kelapa sawit sebagai faktor (Y). Hasil analisis regresi linier sederhana yang digunakan didapati bahwa curah hujan pada periode tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 terjadi berfluktuatif dengan rerata curah hujan sebesar 162,42 – 282,30 mm/ bulan. Pengaruh hujan berpengaruh cukup sampai sangat rendah terhadap produksi kelapa sawit. Tingkat pengaruh curah hujan berdasarkan koefisien determinasi (R2) cenderung rendah dan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain dan diduga karena faktor jenis tanah dan faktor kultur teknis yang diterapkan perusahaan.Tingkat hubungan pengaruh curah hujan (r) sebagian besar mendekati -1 yaitu memiliki korelasi linier yang tinggi, hanya curah hujan pada tahun 2019 yang mendekati +1 dengan tingkat hubungan cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN0019035904
Uncontrolled Keywords: Curah hujan, kelapa sawit, produksi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Sinar Baskoro
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:32
Last Modified: 04 Jul 2022 01:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item