Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web Di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

Karomah, Sitti Fa'Isil (2022) Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Berbasis Web Di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Sitti Fa'Isil Karomah-Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Sitti Fa'Isil Karomah-BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (345kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Sitti Fa'Isil Karomah-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (365kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Sitti Fa'Isil Karomah--Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi telah berkembang dengan sangat cepat dan terbukti berperan dalam berbagai kegiatan yang mendukung kinerja peningkatan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas bagi berbagai instansi terutama di bidang kesehatan. Mutu pelayanan yang harus dijaga di rumah sakit adalah adanya penyelenggaran rekam medis. Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien (Permenkes, 2008). Berdasarkan hasil dari praktek kerja lapang di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur pada Tanggal 10 Januari – 25 Maret 2022 diketahui peminjaman dan Pengembalian berkas rekam medis di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur masih menggunakan buku ekspedisi peminjaman secara manual pada bagian filing rawat inap. Berdasarkan data pada bulan Desember 2021 jumlah keterlambatan mencapai persentasi sejumlah 100 %. Bulan Januari 2022 mencapai persentasi sejumlah 98,3 % mengamalami peningkatan dan pada bulan Februari 2022 mencapai persentasi keterlambatan sejumlah 99,4 %. Dari data tersebut nilai keterlambatan pengembalian selalu tinggi pada setiap bulannya sehingga mempersulit petugas dalam mengontrol peminjaman dan pengembalian berkas rekam medis. Pengembalian berkas rekam medis tidak sesuai dengan SOP yang ada di rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut peneliti memilih merancang dan membuat sistem informasi peminjaman dan pengembalian berkas rekam medis dengan menggunakan metode penelitian waterfall. Sistem informasi ini dapat mempermudah pembuatan pelaporan dan menyediakan sistem informasi peminjaman dan pengembalian rekam medis berbasis web di RSUD Haji. Tahapan metode waterfall adalah analisis kebutuhan, desain sistem, membuat sistem dan pengujian sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi peminjaman dan pengembalian rekam medis berbasis web. Saran untuk RSUD Haji Provinsi Jawa Timur adalah diharapkan dapat menggunakan sistem informasi peminjaman dan pengembalian rekam medis berbasis web untuk memudahkan proses pencatatan elektronik, mempercepat pembuatan pelaporan dan mengurangi kejadian keterlambatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRachmawati, ErvinaNIDN0630058902
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Sitti Fa'Isil Karomah
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:24
Last Modified: 04 Jul 2022 07:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item