Manajemen Asuhan Gizi Klinik Studi Kasus Penatalaksanaan Gizi Pada Pasien Anak Kejang Demam Kompleks + Imbalance Elektrolit + Anemia Defisiensi Besi Di Rsd Kalisat Jember

Oktavia, Reni (2022) Manajemen Asuhan Gizi Klinik Studi Kasus Penatalaksanaan Gizi Pada Pasien Anak Kejang Demam Kompleks + Imbalance Elektrolit + Anemia Defisiensi Besi Di Rsd Kalisat Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
5. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (59kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10. BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (428kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
RENI OKTAVIA_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi. Pendidikan vokasi ini mampu mengarahkan proses belajar pada tingkat keahlian serta mampu mengembangkan keahlian dalam bidang yang spesifik sehingga dibutuhkan pada bidang industri. Praktik Keja Lapang (PKL) adalah suatu kegiatan mahasiswa untuk belajar dari kerja praktis dari suatu perusahaan, rumah sakit, atau institusi lainnya yang diharapkan mampu menjadikan wadah dalam menumbuhkan keterampilan dan keahlian dalam diri mahasiswa. Mahasiswa Prodi D-IV Gizi Klinik kegiatan PKL dilakukan pada dua bidang kegiatan yaitu manajemen penyelenggaraan makanan dan manajemen asuhan gizi klinik di Rumah Sakit. Kegiatan PKL yang dilakukan adalah Manajemen Asuhan Gizi Klinik (MAGK). Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan proses asuhan gizi yang dimulai dari asesmen/pengkajian gizi, diagnosis gizi, intervensi gizi, serta monitoring dan evaluasi. Ahli gizi tidak hanya bekerja sendiri akan tetapi dibantu oleh tenaga medis lainnya. Hasil manajemen asuhan gizi klinik di RSD Kalisat Jember adalah engkajian data yang dilakukan oleh ahli gizi dengan mengetahui identitas pasien yaitu nama, usia, suku, alamat, pendidikan, bahasa daerah, dan lainnya dan dilanjutkan dengan pengkajian data antropometri. Data antropometri bisa meliputi berat badan, panjang badan atau tinggi badan, dan lingkar lengan atas (jika ada). Selain itu, dilakukan pengajian data biokimia atau laboratorium dan data fisik/klinis pasien/klien, riwayat makan, riwayat penyyakit, dan lainnya seperti diagnosis medis, pemeriksaan lanjutan, serta kepercayaan terhadap makanan atau food taboo. Penentuan dan identifikasi diagnosisgizi dari data yang didapatkan melalui assessment atau pengkajian harus memerhatikan problem, etiology, sign/symptom (PES). Intervensi, monitoring, dan evaluasi didapatkan dari diagnosis gizi yang telah dibuat. Memasak menu sesuai dengan intervensi gizi. Membuat video konseling gizi dengan keluarga sesuai dengan kasus yang telah diberikan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorElisanti, Alinea DwiNIDN0711128001
Uncontrolled Keywords: PKL,MAGK
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Reni Oktavia
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:53
Last Modified: 29 Jun 2022 07:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12860

Actions (login required)

View Item View Item