Manajemen Pemeliharaan Komoditas Apel Jenis Manalagi (Malus Sylvestris Mill) Di Pt Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu

Putri, Dwi Aprodhita R.S. (2022) Manajemen Pemeliharaan Komoditas Apel Jenis Manalagi (Malus Sylvestris Mill) Di Pt Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31190170_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komoditas apel jenis manalagi merupakan tanaman utama yang dibudidayakan di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu. Tanaman apel berasal dari Asia Barat yang telah dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1934. Budidaya tanaman apel merupakan salah satu jenis peluang usaha di bidang Agribisnis yang dirasa cukup menjanjikan keuntungan. Sebab apel sendiri termasuk buah yang banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Komoditas Apel Jenis Manalagi (Malus Sylvestris Mill) merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dan berbuah optimal pada iklmim Subtropis di ketinggian tempat 700-1200 meter dpl, dengan curah hujan 1000-2600 mm/tahun. Komoditas apel jenis manalagi ini memiliki ciri yaitu bentuk buah bulat dengan ujung pangkal berlekuk datar, kulit buah hijau muda kekuningan, rasa daging buah yang lebih manis daripada apel pada umumnya, dan tekstur liat dengan sedikit kandungan air. Tanaman apel jenis manalagi ini banyak di budidayakan di kota Batu karena memiliki banyak kandungan vitamin yang penting untuk tumbuh manusia seperti vitamin C dan B. Kegiatan pemeliharaan komoditas apel jenis manalagi ini merupakan hal yang sangat penting dalam usaha budidaya tanaman apel. Hal ini dikarenakan pemeliharaan menentukan masa perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta produksinya. Tujuan dari pelaksanaan magang kerja ini adalah sebagai sarana mempelajari manajemen kegiatan pemeliharaan tanaman apel jenis manalagi (malus sylvestris mill) di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Kecamatan Batu Kota Batu. Kegiatan Magang Kerja ini terdiri dari beberapa tahapan pemeliharaan komoditas apel jenis manalagi antara lain : perompesan, pemangkasan, sanitasi lahan, penyiangan/pemyengkrengan, pemupukan, pewiwilan, taksasi buah dan inventarisasi pohon, pengendalian hama dan penyakit, serta pemanenan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurrahman, AlwanNIDN0001016346
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemeliharaan Komoditas Apel Jenis Manalagi (Malus Sylvestris Mill)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Dwi Aprodhita R.S. Putri
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:43
Last Modified: 23 Jun 2022 01:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item