Evaluasi Pendugaan Bobot Badan Ternak Sapi Potong Berdasarkan Rumus Schrool, Rumus Winter, Rumus Denmark, dan Rumus Arjodarmoko di Berkah Setia Farm Purworejo-Jawa Tengah

Dirja, Ahmad Surya (2022) Evaluasi Pendugaan Bobot Badan Ternak Sapi Potong Berdasarkan Rumus Schrool, Rumus Winter, Rumus Denmark, dan Rumus Arjodarmoko di Berkah Setia Farm Purworejo-Jawa Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text TUGAS AKHIR AHMAD SURYA DIRJA_C31191485_B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Sapi potong adalah jenis ternak yang dipelihara untuk menghasilkan daging sebagai produk utamanya.Bangsa sapi potong yang berkembang di Indonesia adalah bangsa sapi potong limusin simental, dan peranakan ongole. Berkah Setia farm merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemeliharaan sapi potong dan menitik beratkan pada jual beli/ perniagaan sapi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rumus yang bisa digunakan dalam pendugaan bobot badan ternak dan untuk mengetahui hasil rumus mana yang paling mendekati bobot badan aktual pada ternak sapi potong khususnya sapi peranakan ongole di Berkah Setia Farm Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada rumus yang akurat 100%, namun rumus pendugaan bobot badan sapi peranakan ongole jantan di Berkah Setia Farm yang mendekati bobot badan aktual yaitu penghitungan menggunakan rumus Arjodarmoko, dengan persentase penyimpangan sebesar 2,6% dari bobot badan aktual, sedangkan rumus pendugaan bobot badan yang mempunyai penyimpangan paling besar dari bobot badan aktual yaitu rumus Denmark dengan persentase penyimpangan sebesar 13,1%, jadi rumus yang paling mendekati bobot aktual pada penelitian pendugaan bobot badan sapi peranakan ongole jantan di Berkah Setia Farm yaitu mengunakan rumus Arjodarmoko. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah ternak yang lebih banyak lagi dan varietas sapi yang lainnya agar didapatkan hasil yang lebih akurat dan mendekati bobot badan aktual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRukmi, Dyah LaksitoNIDN0019018803
Uncontrolled Keywords: Rumus Schrool, Rumus Denmark, Rumus Arjodarmoko, dan Rumus Winter
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Surya Dirja
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:12
Last Modified: 28 Jun 2022 04:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item