Karakterisik Semen Sapi Jantan Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak Di Loka Penelitian Sapi Potong, Grati-Pasuruan

Widiastuty, Retha Tri Arini (2022) Karakterisik Semen Sapi Jantan Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak Di Loka Penelitian Sapi Potong, Grati-Pasuruan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
RETHA TRI_C31190307.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Karakteristik Semen Sapi Jantan Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak Di Loka Penelitian Sapi Potong, Grati-Pasuruan, Retha Tri Arini Widiastuty, NIM C31190307, Tahun 2022, 38 halaman, Produksi Ternak, Politeknik Negeri Jember, Ir. Nurkholis, S.Pt., MP., IPM. (Pembimbing Utama). Sapi Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak (POGASI) adalah galur baru hasil dari penelitian pemuliaan oleh Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) selama lebih dari 13 tahun melalui Loka Penelitian Sapi Potong (Balitbangtan, 2017). Penetapan galur baru ini berdasarkan Permentan Nomor: 19/Permentan/OT.140/2/2008 tentang pengakuan pemerintah terhadap suatu rumpun atau galur ternak unggul hasil pemuliaan atau introduksi yang dapat disebarluaskan. Oleh karena itu, sapi POGASI jantan berpotensi untuk dijadikan pejantan yang akan diambil semennya unuk kemudian disebarluaskan. Salah satu upaya untuk menyebarluaskan bibit unggul sapi POGASI yaitu dengan memanfaatkan teknologi inseminasi buatan. Inseminasi Buatan (IB) adalah teknologi memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi betina dengan menggunakan alat khusus yang disebut gun (Hastuti, 2008). Inseminasi buatan memiliki manfaat yaitu; menghemat biaya pemeliharaan, semen beku dapat disimpan dalam jangka panjang, mencegah terjadinya inbreeding, menghindari ternak tertular penyakit, serta dapat mengatur jarak kelahiran antar ternak. Inseminasi buatan dapat meningkatkan produktivitas dan mutu genetik ketika dilakukan dengan berhasil. Keberhasilan IB dipengaruhi oleh kualitas dan karakterisik semen segar yang dihasilkan oleh pejantan. Kualitas semen sapi Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak (POGASI) cukup baik dan tergolong normal yaitu rata-rata volume dan warna semen yang dihasilkan sebanyak 4,5 ml dan berwarna krem. Rata-rata viabilitas yang dihasilkan yaitu 87%, sedangkan abnormalitasnya sebesar 2%. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas semen yang dihasilkan yaitu umur pejantan yang akan ditampung. Hal ini dikarenakan umur pejantan berpengaruh terhadap kualitas semen yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Karakteristik semen
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Retha Tri Arini Widiastuty
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:51
Last Modified: 16 Jun 2022 02:52
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item