Evaluasi Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Proses Pengolahan Benih Jagung Manis (Zea mays saccarata) Di PT Wira Agro Nusantara Sejahtera Kabupaten Kediri

Sumanti, Luluk Tendean Marquie Retno (2022) Evaluasi Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Proses Pengolahan Benih Jagung Manis (Zea mays saccarata) Di PT Wira Agro Nusantara Sejahtera Kabupaten Kediri. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. PKL RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. PKL BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. PKL DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. PKL full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan akademik Program Studi Manajemen Agroindustri yang diatur dalam pedoman PKL. Praktik Kerja Lapang (PKL) Program Sarjana Terapan dilaksanakan pada semester 7 (tujuh). Kegiatan ini merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember (POLIJE) yang dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan di masyarakat dan dunia industri sesuai bidang keahliannya. Selama PKL mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di perkuliahan untuk menyelesaikan serangkaian tugas sesuai dengan lokasi PKL. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 900 jam (20 SKS) yang terbagi menjadi 200 jam kegiatan pra PKL, 540 jam PKL di perusahaan, dan 160 jam pasca PKL. PT WIRANUSA merupakan salah satu perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang pertanian secara umum dikenal dengan merk dagang WIRANUSA. Bidang usaha yang dilakukan meliputi pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan agribisnis terutama dalam hal produksi benih hortikultura dan florikultura. Kegiatan PKL yang dilakukan PT WIRANUSA dari pasca panen hingga finish goods, meliputi kegiatan penerimaan bahan baku, sortasi, pengeringan, perlakuan benih (treatment coating), pengujian, pengemasan (packing) dan penyimpanan. PT Wira Agro Nusantara Sejahtera (WIRANUSA) dalam melaksanakan Standard Operating Procedure (SOP) pada proses pengolahan benih jagung manis (Zea mays saccarata) pasca panen telah melaksanakan sebagian besar prosedur sesuai dengan pedoman intruksi kerja. Namun, terdapat beberapa permasalahan di dalam dokumen Standard Operating Procedure (SOP) dan ketersediaan peralatan sehingga tidak semuanya dapat diterapkan didalam proses pengolahan pasca panen. Permasalahan tersebut merupakan komponen utama dalam proses pengolahan pasca panen benih jagung manis sehingga diperlukan adanya pencegahan serta solusi yang tepat dalam mengatasinya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamali, R. AbdoelNIDN0019116603
Uncontrolled Keywords: Benih Jagung Manis, Proses Pengolahan Benih dan Standart Operational Prosedure
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Sumanti Luluk Tendean Marquie Retno
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:43
Last Modified: 06 Jun 2022 03:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item View Item