Mekanisme Penyelesaian Retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) di Satuan Kerja KPPN Surabaya I

Nurjanah, Sinta (2022) Mekanisme Penyelesaian Retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) di Satuan Kerja KPPN Surabaya I. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. D42181364_SINTA NURJANAH_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ini merupakan salah satu prasyarat mutlak untuk mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.tr). Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya I mulai tanggal 1 September 2021 sampai dengan tanggal 28 Januari 2022.Tujuan umum dari kegiatan Praktik Kerja lapang ini yaitu untuk memperoleh wawasan dan pengimplementasian ilmu atau teori yang didapatkan saat perkuliahan dan mampu membandingkan teori perkuliahan dengan keadaan praktik di dunia kerja. Tujuan khusus dari laporan ini yaitu dapat memahami dan menjelaskan mekanisme penyelesaian retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) di satuan kerja KPPN Surabaya I. Selama PKL banyak kegiatan yang dilakukan seperti melakukan konversi, dan melakukan pengujian serta penelitian surat perintah membayar, menginput berkas fisik surat perintah membayar, melakukan proses persetujuan tambahan uang persediaan, membuat surat keterangan pemberhentian pembayaran (SKPP), membantu seluruh kegiatan tata usaha di subbagian umum seperti mengetik, mengscan, mencetak, membuat pamflet atau poster, mengkonfirmasi penerimaan negara, dll. Melalui pengalaman tersebut penyusun dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan serta berkontribusi secara maksimal, sehingga dapat mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Mekanisme penyelesaian retur SP2D dimulai dari pengecekan data retur di aplikasi OMSPAN oleh user staff seksi bank. Kemudian dilanjutkan user staff seksi bank membuat surat pemberitahuan retur sesuai data retur yang telah tersedia. Surat pemberitahuan tersebut dikirimkan kepada satker yang SP2D nya dikenakan retur. Setelah satker menerima surat pemberitahuan dari KPPN, selanjutnya satker melakukan perbaikan data pada sistem aplikasi yang digunakan dan membuat surat permintaan perbaikan yang kemudian dikirimkan ke KPPN. Selanjutnya seksi pencairan dana akan melakukan perubahan data supplier. Kemudian, user staff seksi bank melakukan perekaman SPP-Retur melalui SPAN. Berdasarkan SPP-Retur tersebut kemudian Kepala Kantor menerbitkan SPMRetur melalui aplikasi SPAN. Selanjutnya seksi pencairan dana melakukan penelitian dan pengujian terhadap SPM-Retur. Setelah itu seksi bank menerbitkan SP2D-R berdasarkan SPM-Retur yang telah diuji oleh seksi pencairan dana.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, Dessy PutriNIDN0019128201
Uncontrolled Keywords: retur, kppn, dana, surat
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Sinta Nurjanah
Date Deposited: 07 Jun 2022 00:58
Last Modified: 07 Jun 2022 00:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item