Analisis Usaha Minuman Sari Jeruk “Jestrofresh” Di Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika (Balitjestro) Ip2tp Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu

Prastika, Yeni Ayu (2022) Analisis Usaha Minuman Sari Jeruk “Jestrofresh” Di Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika (Balitjestro) Ip2tp Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31191066_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) instansi pemerintah unit eselon III yang bertanggung jawab langsung kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, dimana saat ini memiliki mandat untuk melaksanakan kegiatan penelitian tanaman jeruk dan buah subtropika seperti jeruk, apel, anggur, lengkeng, stroberi dan tanaman buah subtropika lainnya. Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam upaya untuk memperoleh pengetahuan baru dan pengalaman praktek kerja. Adanya kegiatan PKL di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) IP2TP Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang h a l p e n t i n g d a l a m p r o s e s p a n e n d a n p a s c a p a n e n dan melatih mahasiswa mengenai pekerjaan lapang yang sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah agar mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan kerja lapang pada suatu perusahaan ataupun instansi dan mampu membentuk sikap serta keterampilan kerja, khususnya pada bidang pasca panen yang bearada di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) IP2TP Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. Metode yang digunakan dalam kegiatan Praktek Kerja Lapang ini adalah dengan wawancara, studi pustaka, praktik, penyusunan laporan. Hasil Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah mahasiswa mampu mengetahui cara produksi hasil panen yang dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Hasil panen yang telah diolah menjadi vi sebuah produk akan dipasarkan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diajarkan cara budidaya tanaman subtropika seperti jeruk, strawberry, anggur dan yang lainnya. Dengan adanya kegiatan PKL ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai penanganan pasca panen. Minuman sari jeruk “jestrofresh’ merupakan salah satu produk hasil produksi di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang berasal dari sari buah jeruk dimana kandungan sari buah jeruk ialah vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan manusia dengan bahan penyusunnya antara lain : sari jeruk, sari lemon, air, gula, CMC dan benzoat. Proses produksi minuman sari jeruk ini ialah persiapan alat dan bahan, pemotongan, pengolahan, pengemasan dan pelabelan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha Minuman Sari Jeruk “Jestrofresh”
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Yeni Ayu Prastika
Date Deposited: 27 May 2022 08:54
Last Modified: 27 May 2022 08:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item