Evaluasi Sistem Informasi Pelaporan Ditinjau dari Kepuasan Pengguna Sistem Menggunakan Model EUCS (End-User Computing Satisfaction) si RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Wibowo, Evilya Maulidha (2022) Evaluasi Sistem Informasi Pelaporan Ditinjau dari Kepuasan Pengguna Sistem Menggunakan Model EUCS (End-User Computing Satisfaction) si RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
G41180826_EVILYA MAULIDHA WIBOWO_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
G41180826_EVILYA MAULIDHA WIBOWO_BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
G41180826_EVILYA MAULIDHA WIBOWO_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41180826_EVILYA MAULIDHA WIBOWO_FULL LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelaporan rumah sakit merupakan suatu alat organisasi yang bertujuan untuk menghasilkan laporan secara cepat, tepat dan akurat dengan bentuk sesuai kebutuhan untuk mencapai tujuan organisasi secara berhasil dan berdaya guna. Sistem Informasi Pelaporan RSUP Sardjito Yogyakarta memegang peranan penting dalam pengolaan data rumah sakit untuk dijadikan sebuah informasi. Sistem informasi tersebut sudah dapat menyediakan jenis data yang dibutuhkan oleh bagian pelaporan. Namun, masih ada beberapa permasalah yang terjadi dari saat dilaksanakan PKL dimana petugas rekam medis harus membuat laporan sensus harian pasien secara semi-manual. Sistem pelaporan dari SIMETRISS saat ini belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan dari petugas pelaporan seperti belum bisa membuat laporan indikator rawat inap secara otomatis, loading yang cukup lama dan menu yang berkaitan dengan laporan tidak sesuai dan masih belum bisa diakses sehingga berdampak pada hasil pelaporan yang kurang efektif dan efisien. Evaluasi sistem informasi sangat berguna bagi rumah sakit karena dapat menjadi bahan saran dan rekomendasi bagi rumah sakit untuk memperbaiki sistem informasi yang ada di rumah sakit tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk sehingga diperlukan sebuah evaluasi sistem informasi pelaporan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi pelaporan. Model evaluasi yang akan digunakan yaitu model End User Computing Satisfaction (EUCS) dilihat dari isi (content), ketepatan (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). Dari hasil pembahasan yang telah disusun peneliti didapatkan hasil yaitu dari aspek isi (content), SIMETRISS RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta sudah bisa memberikan kepuasan namun masih terdapat kekurangan pada sistem yang dapat memperlambat kinerja petugas pelaporan. Jika dari segi ketepatan (accuracy), SIMETRISS belum bisa memberikan kepuasan secara maksimal kepada pengguna terkait dengan kesalahan dalam proses penginputan data yang bisa menghambat proses pengambilan data. Dari segi tampilan (format), SIMETRIS sudah bisa memberikan kepuasan namun masih terdapat kekurangan pada sistem yaitu tidak adanya penyajian data dalam bentuk grafik khususnya grafik barber johnson. Dari segi kemudahan pengguna (ease of use), SIMETRIS telah memenuhi harapan namun belum memberikan kepuasan karena belum dilengkapi dengan menu help atau panduan terkait pelaporan bagi pengguna baru atau jika terjadi error pada sistem. Sedangkan dari segi ketepatan waktu (Timeliness), SIMETRIS sudah cukup baik namun masih terdapat kendala yaitu sistem yang sering kali mengalami loading.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAlfiansyah, GamasianoNIDN0705049003
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Evilya Maulidha Wibowo
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:24
Last Modified: 25 Jul 2022 01:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12167

Actions (login required)

View Item View Item