Proses Penerbitan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL) pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang

Meivelyn, Veronica (2022) Proses Penerbitan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL) pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D42181052_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan selama satu semester penuh dan diprogramkan khusus pada mahasiswa semester VII (tujuh) bagi programprogram studi yang menyelenggarakan program D-IV. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan dengan bobot 20 sks dengan model PKL Industri. Kegiatan ini merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa. Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan akademis yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Selama kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diberikan serangkaian tugas sehingga mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh selama di kampus serta dapat membantu pegawai memecahkan permasalahan yang ada ketika melaksanakan tugas operasional instansi. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan selama 900 jam setara dengan 5 bulan 5 hari yang dimulai dari tanggal 31 Agustus 2021 sampai dengan 04 Februari 2022. Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang atau sering disebut KPKNL Malang. KPKNL Malang adalah unit instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur. Pelaksanaan PKL dilakukan di Seksi Hukum dan Informasi dengan melakukan beberapa kegiatan, salah satunya proses pembuatan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL). SPPNL dibuat ketika debitur telah melunasi hutangnya dengan menyerahkan bukti pembayaran ke KPKNL Malang untuk diterbitkannya SPPNL.Proses penerbitan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas dimulai dengan dilakukannya pembayaran oleh debitur dan menyerahkan bukti pembayaran kepada Subbagian Umum KPKNL Malang. Subbagian Umum akan menyerahkan bukti pembayaran tersebut kepada Seksi Piutang Negara untuk diproses. Setelah selesai diproses oleh Seksi Piutang Negara selanjutnya menyerahkan bukti pembayaran tersebut yang dilampiri dengan Nota Dinas kepada Seksi Hukum dan Informasi untuk diverifikasi dan diterbitkan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas (SPPNL). Lalu Seksi Hukum dan Informasi melakukan verifikasi dan menerbitkan SPPNL. SPPNL kemudian diserahkan kepada Kepala Kantor untuk diteliti dan ditandatangani. Setelah diteliti dan ditandatangani selanjutnya diserahkan ke Seksi Hukum dan Informasi untuk dirangkap dan distampel untuk diarsipkan dan diserahkan kepada Subbagian Umum untuk dikirim.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAhmad, ArisonaNIDN0026028905
Uncontrolled Keywords: SPPNL, KPKNL, Malang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Veronica Meivelyn
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:28
Last Modified: 21 Apr 2022 01:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item