Penyusunan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-Rdkk) Menggunakan Google Form Pada Gabungan Kelompok Tani “Rejo Mulyo” Desa Rejoagung Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso

Fiqrianto, Togimin (2023) Penyusunan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-Rdkk) Menggunakan Google Form Pada Gabungan Kelompok Tani “Rejo Mulyo” Desa Rejoagung Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (382kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertanian merupakan salah satu produk yang sangat penting di Negara Indonesia. Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani adalah akses untuk mendapatkan pupuk. Sampai dengan saat ini petani masih mengalami ketergantungan terhadap pupuk bersubsidi. Pupuk merupakan komoditi yang sangat penting bagi petani dalam mendukung peningkatan produksi hasil pertanian. pengetahuan petani tentang alur pengusulan dan penyusunan E-RDKK masih terbatas. Beberapa permasalahan yang dialami oleh Gapoktan Rejo Mulyo dalam penyusunan E-RDKK adalah (1) Gapoktan masih belum sepenuhnya memahami, fungsi ,tujuan dan alur tentang penyusunan E-RDKK (2) Penyusunan E-RDKK Gapoktan masih dilakukan secara manual. Pelaksanaan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) pada Gapoktan Rejo Mulyo menggunakan metode pemecahan masalah antara lain wawancara, focus group discussion, sosialisasi pelatihan. Untuk menjawab permasalah pada point satu dilakukan penyusunan standart operasional prosedur (SOP) penyusunan E-RDKK. Sedangkan pada point dua dilakukan penyusunan E-RDKK dengan menggunakan google form. Hasil pelaksanaan PPPM telah memberikan wawasan baru terhadap Gapoktan Rejo Mulyo berserta semua angggota tentang tugas dan fungsinya sebagai pengausrus Gapoktan dalam penyusunan E-RDKK. Penggunaan google dapat diterapkan sehingga mempercepat dalam penyusunan E-RDKK. Soasialisasi dan pelatihan harus terus ditingkatkan dengan harapan kelembagaan petani dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara mandiri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, RizalNIDN196906051996031001
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-Rdkk) Menggunakan Google Form Pada Gabungan Kelompok Tani “Rejo Mulyo”
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: TOGIMIN FIQRIANTO
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:21
Last Modified: 05 Jul 2023 01:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item