Analisis Usahatani dengan Pola Tanam Tumpang Sari pada Budidaya Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L.) Dan Tomat (Lycopercium esculentum Mill, var commune bailey ) di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Lebo-Sidoarjo

Mitta, Bella Ratna Analisis Usahatani dengan Pola Tanam Tumpang Sari pada Budidaya Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L.) Dan Tomat (Lycopercium esculentum Mill, var commune bailey ) di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Lebo-Sidoarjo. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (753kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31191307_LAPORAN LENGKAP.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tumpang sari merupakan salah satu bentuk program intensifikasi pertanian alternatif yang tepat untuk melipat gandakan hasil pertanian (Reijntjes et al. 1992).Tumpang sari adalah penanaman dua tanaman secara bersama dengan interval waktu yang singkat, pada sebidang lahan yang sama dan biasa disebut dengan sistem penanaman polikultur. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di Sidoarjo ini dilaksanakan selama 4 bulan , mulai tanggal 01 September 2021 sampai 31 Desember 2021. Tujuan dari kegiatan Praktik Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan budidaya dan keefektifan dari penerapan sistem pola tanam tumpang sari pada tanaman sawi hijau (Brassica rapa var. parachinensis L) dan tomat (Lycopercium esculentum Mill), sehingga diharapkan mahasiswa dapat belajar dan bisa menerapkan keefektifan dari pola tanam yang diterapkan di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sidoarjo. Budidaya tumpang sari sawi hijau dan tomat terdiri dari gabungan dua kegiatan yang menjadi beberapa kegiatan antara lain, penyediaan dan persemaian benih, pengolahan tanah, pemasangan mulsa, pemasangan jetspray, penanaman bibit tomat, pengairan, penyulaman tanaman tomat, pemasangan ajir tanaman tomat, pengikatan tanaman tomat pada ajir, perempelan wiwil, penyiangan, pemupukan, pengendalian OPT, panen dan pasca panen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R AlamsyahNIDN0002026802
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Bella Ratna Mitta
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:43
Last Modified: 14 Mar 2022 00:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item