Proses Produksi Pupuk Organik Padat Curah (Popc) Di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4s) Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso

Efendy, Muhammad Yusuf (2022) Proses Produksi Pupuk Organik Padat Curah (Popc) Di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4s) Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41180753_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses Proses Produksi Pupuk Organik Padat Curah (POPC) Di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso, Muhammad Yusuf Efendy, NIM D41180753, Tahun 2021, 68 halaman, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Dr. Tanti Kustiari, S.Sos, M.Si. (Dosen Pembimbing). Manajemen Agroindustri merupakan salah satu program studi yang ada di Politeknik Negei Jember yang menyusun suatu perencanaan pengolahan hasil pertanian. Praktlk Kerja Lapang di Politekııik Negeri Jember bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan serta mampu meııghadapi permasalahan yang ada dengan kenyataan dunia kerja yang sebenarnya. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera adalah sebuah peruısahaan yang bergerak di bidang pembuatan pupuk organik. Perusahaan ini terlelak di Desa Karang Melok Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. P4S Bintang Tani Sejahtera memprodııksi pupuk organik yang berbahan baku kotoran ternak yang berada di sekitar lingkungan tempat produksi. P4S Bintaııg Tani Sejahtera antara lain memproduksi mikroorganisme lokal (MOL), pupuk organik cair, pupuk organik padat, asam amino, asap cair dan pestisida nabati. Pupuk organik padat adalah jenis pupuk padat yang berasal dari fases sapi yang telah dikeringkan dan juga difermentasikan. Pupuk organik padat yang diproduksi oleh P4S Bintang Tani Sejahtera adalah pupuk organik yang memanfaatkan limbah peternakan yaitu feses sapi yang diolah menjadi pupuk organik yang sangat baik untuk tanaman. Bahan yang di gunakan yaitu larutan mikroorganisme lokal, air, fases sapi, dan cocopeat. Tahap pertama mengambil Lıses sapi lalü dikeringkan ditempat penjemuran. Proses selanjutnya membawa fases sapi yang telah kering ke tempat penampungan. Mcnyiram pııpuk menggunakan larııtan dekomposer dcngan viii perbandingan 5 liter dekomposer dan 10 liter air, Scmprot hingga merata, lalu tutup menggunakan terpal. Proses fermentasi selama 21 hari. Langkah selanjutnya penghancuran fases sapi menggunakan mesin cooper untuk dijadikan pupuk organik padat. Fases sapi yang telah halus kemudian di ayak lalu tambahkan cocopeat. Percampuran cocopeat dan pupuk organik padat diaduk hingga homogen. Langkah selanjutnya melakukan pengemasan dengan menggunakan karung dan plastik dengan kapasitas 40 kg. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh P4S Bintang Tani Sejahtera yaitu mesin yang sering mengalami kemacetan, serta kebersihan lingkungan kurang terjaga. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya kesadaran dan peraturan yang kurang ketat dari perusahaan. (Jurusan Manajemen Agribisnis, program studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember)

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi Pupuk Organik Padat Curah (Popc)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: M Yusuf Efendy
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:18
Last Modified: 10 Mar 2022 05:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item