Produksi dan Pemasaran Bolen Isi Ubi Ungu Aneka Toping

Arden, Aditya (2021) Produksi dan Pemasaran Bolen Isi Ubi Ungu Aneka Toping. Diploma thesis, Poliiteknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
1.B32181997 ARDEN - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2.B32181997 ARDEN - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3.B32181997 ARDEN - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4.B32181997 ARDEN - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (263kB)

Abstract

Ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) sering digunakan dalam industri pangan seperti produk kue, keripik, roti, dan tape. Ubi ungu merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki tingkat kerusakan yang sangat tinggi dan daya simpannya cukup rendah sehingga perlu dilakukan pengolahan agar daya simpannya lebih lama. Inovasi produk olahan makanan dengan bahan baku ubi ungu yang akan dilakukan saat ini akan dikembangkan menjadi produk bolen. Minim varian rasa toping yang ada dipasaran sebagian besar hanya rasa cokelat dan keju minimnya rasa dan varian toping yang ada, sehingga muncul sebuah ide untuk membuat bolen dengan isi varian rasa ubi ungu dipadukan dengan aneka varian toping. Toping yang digunakan meliputi rasa tiramisu, green tea, cokelat dan original dengan taburan keju. Bolen isi ubi ungu aneka toping ini memiliki kelebihan pada produk yaitu tekstur bolen yang empuk, perpaduan rasa yang cocok antara tekstur empuk dengan manis ubi ungu, harga produk yang terjangkau, serta produk mudah untuk didapatkan. Dalam pembuatan bolen isi ubi ungu aneka toping didapatkan nilai B/C ratio 2,0 dan keuntungan Rp. 1. 167.249.,- dalam 15x produksi. Pada usaha produksi bolen isi ubi ungu aneka toping didapatkan nilai BEP (unit) yaitu 62 kemasan dan BEP (harga) sebesar Rp. 2.771.568.,- Selain itu dari perhitungan nilai Investasi NPV produk bolen isi ubi ungu aneka toping didapatkan nilai sebesar Rp. 336.650.,- Sehingga proyek usaha produksi bolen isi ubi ungu aneka toping dapat dikembangkan. Strategi pengembangan produk bolen isi ubi ungu aneka toping dilakukan menggunakan SWOT. Produk bolen isi ubi ungu aneka toping berada pada posisi kuadran I yang artinya startegi agresif meskipun menghadapi berbagai ancaman, usaha ini masih memiliki kekuatan dan dapat terus dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryaningsih, WahyuNIDN0015026204
Uncontrolled Keywords: Produksi Dan Pemasaran Bolen Isi Ubi Ungu Aneka Toping
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: ARDEN ADITYA SURATMAN
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:52
Last Modified: 07 Mar 2022 02:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item