Proses Perawatan Preventive dan Corrective Pada Komponen Sistem Hidrolik Excavator Komatsu PC300-8MO PT United Tractors Tbk, Cabang Semarang

Ramadhani, Rizky (2021) Proses Perawatan Preventive dan Corrective Pada Komponen Sistem Hidrolik Excavator Komatsu PC300-8MO PT United Tractors Tbk, Cabang Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan jenjang pendidikan DIV, Jurusan Teknik Program Studi Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Jember. Tujuan umum dari Praktik Kerja Lapang yang dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan sikap, kemampuan profesi mahasiswa melalui penerapan ilmu, pengamatan teknologi yang diterapkan di PT United Tractors Tbk, Cabang Semarang, mengetahui dan memahami sistem kerja dunia kerja atau industri, sehingga bisa menghasilkan ahli yang terampil serta mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam dunia kerja secara sistematis, Mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkuliahan ke dunia kerja, melatih kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain yang mempunyai disiplin ilmu dan karakter yang berbeda-beda. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 03 November 2020 sampai dengan 31 Desember 2020 di PT United Tractors Tbk, Cabang Semarang, di Jl. Raya Randu Garut No.Km 12, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50186. Kegiatan yang dilakukan di lokasi PKL yaitu di PT United Tractors Tbk, Cabang Semarang adalah melakukan preawatan dan pengecekan ataupun perbaikan terhadap alat berat yang ada. Perawatan dan pengecekan tiap unitnya dilakukan sesuai dengan dengan panduan yang tertera dalam buku manual dari setiap alat berat tersebut. Jika dalam pengecekan terdapat kecacatan ataupun kerusakan maka akan dilakukan perbaikan ataupun penggantian sparepart yang sesuai dalam manual book agar nomor seri atau kode sparepart sesuai dengan yang aslinya. PT. United Tractors Tbk atau UT merupakan distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menyediakan produk produk dari merek ternama dunia yaitu Komatsu, UD Truck, Scania, Bomag, dan Tadano. PT. United Tractors Tbk saat ini memilik 183 titik layanan di seluruh Indonesia, mencakup 20 kantor cabang, 35 site support, dam 25 kantor perwakilan. United Tractors Tbk juga merupakan suatu grup perusahaan yang bergerak di lima budang usaha yaitu bidang Distribusi Alat Berat (disebut Mesin Konstruksi), pertambangan (Batu Bara dan Emas), bidang Konstruksi Sipil pertambang(disebut Industri Konstruksi) dan Energi. PT. United Tarctors Tbk menjalankan bisnis pertambangan batu bara dan emas. Usaha pertambangan batu bara dijalankan melalui anak usahanya, PT Tuah Turangga Agung (“TTA”) yang memegang kepemilikan atas sejumlah konsesi tambang batu bara kualitas tambang batu bara kualitas menengah dan kualitas tinggi, dan usaha pertambangan emas dijalankan melalui anak usahanya, PT Agincourt Resources (“PTAR”) yang bergabung dalam grup perusahaan pada tahun 2019. PTAR mengoperasikan tambang emas Martabe di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIDN0014067811
Uncontrolled Keywords: Perawatan, Pc 300-8m0, Hidraulik Excavators
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Rizky Ramadhani
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item