Upaya Perbaikan Terhadap Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di RS Universitas Airlangga Surabaya

Ningtyas, Puspita Ayu Asmarawati Prawidi (2021) Upaya Perbaikan Terhadap Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di RS Universitas Airlangga Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap (PKL) (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien (Permenkes RI, 2008). Kegiatan penyelenggaraan rekam medis sering dijumpai masalah yang terjadi salah satunya yaitu keterlambatan dalam pengembalian berkas rekam medis. Keterlambatan pengembalian rekam medis merupakan perilaku petugas kesehatan dalam mengembalikan berkas rekam medis ke instalasi rekam medis melebihi waktu yang telah ditentukan dalam standar prosedur operasional (SPO). Berdasarkan hasil kegiatan pertemuan PKL Online dengan kepala instalasi rekam medis didapatkan SPO tentang pengembalian berkas rekam medis rawat inap di RS Universitas Airlangga (No 1663E/UN3.9/TL/2018) bahwa pengembalian bekas rawat inap paling lambat dikembalikan 2x24 jam setelah pasien pulang/meninggal. Angka keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap di RS Universitas Airlangga pada bulan Januari mencapai 39,6%, bulan Februari mencapai 47,2 % dan bulan Maret mencapai 56,2%. Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk melakukan upaya perbaikan terhadap keterlambatan pengembalian berkas rekam medis di RS Universitas Airlangga. Penulisan laporan ini menggunakan responden sebanyak 1 orang selaku kepala rekam medis dan 4 orang selaku petugas filing. Penulisan laporan ini menggunakan 5 unsur manajemen (man, machine, method,material,money). Unsur man yaang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap adalah pengetahuan petugas yang belum baik karena masih ada vii petugas yang belum mengetahui batas watu pengembalian berkas rekam medis rawat inap, kurangnya sosialisasi SPO dan pelatihan kepada petugas. Masa kerja petugas rata-rata 3tahun. Pada unsur machine diketahui bahwa petugas filing membutuhkan komputer untuk membantu mempermudah pekerjaan dalam pengembalian berkas rekam medis. Pada unsur method yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap yaitu alur pengembalian berkas rawat inap tidak sesuai SPO dimana berkas rekam medis rawat inap dikembalikan terlebih dahulu ke kasir untuk keperluan pembayaran. Pada unsur material yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat inap yaitu ketidaklengkapan berkas rekam medis terutama resume medis.pada faktor money dalam penulisan laporan ini tidak menyebabkan keterlambatan pengembalian berkas rekam medis, karena kepala rekam medis setiap tahunnya sudah menyusun RAB. Pengumpulan data dalam penulisan laporan ini menggunakan metode wawancara online dan USG (Urgency, Seriousness, Growth). Hasil penulisan laporan ini memperoleh prioritas masalah yaitu ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medis terutama resume medis. Altenatif pemecahan masalah yang telah disepakati melalui brainstorming yaitu pemberian punishment dan reward kepada petugas yang bertanggung jawab dalam pengisisan berkas rekam medis

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSwari, Selvia JuwitaNIDN0021058407
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis, Keterlambatan Pengembalian Berkas
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Puspita Ayu Asmarawati Prawidi Ningtyas
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:25
Last Modified: 09 Mar 2022 03:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item