Analisis Manajemen Risiko Bagian Filing di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta

Alifah, Safira Nur (2021) Analisis Manajemen Risiko Bagian Filing di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
06. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
11. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41202147_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo merupakan rumah sakit rujukan pusat nasional sekaligus sebagai rumah sakit pendidikan. sebagai rumah sakit rujukan pusat nasional RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo harus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien yang berkunjung utuk menciptakan pelayanan kesehatan yang baik demi menjaga kelangsungan dan keselamatan hidup pasien. Untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan baik, tentunya perlu diperhatikan terkait keselamatan dan risiko-risiko yang mungkin terjadi atau dialami oleh petugas di setiap bagian unit rekam medis RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko yang terjadi di bagian filing RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dengan penilaian risiko menggunakan standart Australian Standard/New Zealand Standard for Risk Management sekaligus menyusun upaya pengendalian risiko pada bagian filing unit rekam medis pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tanya jawab dan kuisioner kepada petugas filing. Hasil identifikasi risiko yang terjadi di ruang filing RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo ditemukan 9 risiko yang terjadi baik risiko keselamatan kerja maupun risiko sistem pelaksanaan kerja. Penilaian terhadap risiko yang terjadi di ruang filing RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menunjukkan 3 tingkatan risiko yaitu rendah (low), menengah (moderate), dan tinggi (high). Tingkatan rendah meliputi terjatuh berkas/map dari rak serta tersayat kertas/map berkas. Tingkatan menengah meliputi tergelincir dari tangga saat mengambil/mengenbalikan berkas, merasa pegal atau nyeri pinggang, punggung dan tangan, bertabrakan dengan petugas lain, tangan terkena staples, tersandung berkas yang masih dilantai serta terjadi missfile. Tingkatan tinggi meliputi terkena debu/partikel lain yang mengakibatkan gangguan pernapasan. Dari hasil identifikasi tersebut, upaya pengendalian risiko yang bisa diambil untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan alat bantu untuk mengangkat berkas, menggunakan pijakan kayu atau besi yang kuat, memperhatikan ventilasi udara dan menjaga suhu ruangan, menyediakan sabun dan tempat mencuci tangan, pembuatan SOP keselamatan kerja dan SOP kebersihan ruangan filing, pembuatan daftar risiko di ruang filing dan kepala rekam medis, serta mewajibkan penggunaan masker dan sarung tangan bagi petugas filing RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDeharja, AtmaNIDN0017118402
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Filing, RSCM
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Safira Nur Alifah
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:35
Last Modified: 25 Feb 2022 02:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item