Teknik Produksi Benih Semangka (Citrullus lanatus L.) Dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes Di PT. Benih Citra Asia Jember Jawa Timur

Ahabillah, M.Wildan Adzka (2022) Teknik Produksi Benih Semangka (Citrullus lanatus L.) Dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes Di PT. Benih Citra Asia Jember Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Semangka (Citrullus lanatus L.) merupakan salah satu jenis komoditas hortikultura yang tergolong dalam buah-buahan yang banyak dikosumsi oleh masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan semangka memiliki nilai gizi yang baik sebagai sumber karbohidrat, Vitamin, dan mineral. Kebutuhan buah semangka yang tinggi dapat dijadikan sebagai peluang bisnis untuk menyediakan benih semangka yang bermutu sehingga PT.Benih Citra Asia memproduksi benih semangka yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu yang mempengaruhi kualitas benih serta mutu benih yaitu Teknik produksi benih. Dengan melakukan Teknik produksi benih yang baik dan benar serta sesuai dengan prosedur yang sesuai maka akan menghasilkan benih dan kualitas benih meningkat, sehingga mutu dan kemurnian benih terjaga. Teknik produksi benih semangka adalah tahapan kegiatan yang dimulai dari persiapan benih, penaman dan panen hingga pasca panen. Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah sarana belajar secara praktis dengan terjun langsung ke dalam perusahaan, yang diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan dan keahlian. Serta Praktik Kerja Lapang (PKL) juga menjadi salah satu kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk memenuhi syarat kelulusan serta system kredit semester (SKS) pada semester 7 di program studi D-IV Teknik Produksi Benih, dan untuk menyelesaikan Pendidikan serta mendapatkan gelar sarjana terapan pertanian (S.Tr.P) di politeknik Negeri Jember. Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di PT. Benih Citra Asia yang merupakan salah satu perusahaan swasta yang berkecimpung di industri perbenihan yang sangat cocok dan sesuai dengan program studi mahasiswa Teknik Produksi Benih. Dengan mempelajari kegiatan produksi benih dari kegiatan budidaya sampai benih sampai ke tangan konsumen. Kegiatan PKL yang dilaksanakan dengan memilih salah satu komoditi yaitu semangka yang dilaksanakan dalam kegiatan PKL ini, sehingga mahasiswa dapat membawa bekal pengalaman dan pengetahuan tentang kegiatan produksi benih tanaman semangka dalam bentuk tulisan berupa laporan kegiatan dan diujikan menjadi syarat berakhirnya PKL. Kegiatan Praktik Kerja Lapang dilakukan di PT. Benih Citra Asia yang dilaksanakan selama 4,5 bulan yang dimulai tanggal 2 Agustus 2020 sampai 20 Januari 2021. Pelaksanaan PKL dilakukan di lahan produksi farm rowosari yang beralamat di desa rowosari, Kecamatan sumberjambe, Kabupaten Jember.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorS, N.Bambang EkoNIDN0009106207
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: M.Wildan Adzka Ahabillah
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:10
Last Modified: 24 Feb 2022 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item