Analisis Usaha Pentol Gepek Cakalang di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Yulitalia, Siti Anita Reza (2021) Analisis Usaha Pentol Gepek Cakalang di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31171722_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk memperkenalkan produk cemilan asli Madura agar bisa tersebar di berbagai kota dan dapat melakukan proses produksi, menganalisis usaha menggunakan BEP (Break Even Point), R/C ratio (Revenue/Cost Ratio), dan ROI (Return on Invesment), serta dapat melakukan kegiatan pemasaran usaha Pentol Gepek Cakalang. Metode pelaksanaan tugas akhir dilakukan di Kelurahan Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember selama 5 bulan mulai awal bulan Agustus 2021 sampai dengan bulan Desember 2021. Metode yang digunakan adalah praktek langsung meliputi praktek produksi sampai dengan pemasaran. Hasil dari tugas akhir ini pertama yaitu proses produksi Pentol Gepek Cakalang dilakukan sebanyak 5 kali dengan menghasilkan produk sebanyak 50 kemasan untuk satu kali proses produksi. Kedua hasil analisis usaha yang didapatkan yaitu BEP (Produksi) sebesar 39 kemasan, lebih kecil dibandingkan dengan banyaknya penjualan yang didapatkan sebesar 50 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 3.940,- per kemasan, lebih kecil dibandingkan harga penjualan sebesar Rp. 5.000,- per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,26 dan ROI sebesar 5%. Berdasarkan analisis BEP, R/C Ratio dan ROI maka usaha Pentol Gepek Cakalang ini menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan. Pemasaran yang dilakukan pada Pentol Gepek Cakalang menggunakan bauran pemasaran. Pemasaran yang dilakukan dengan menentukan produk yaitu Pentol Gepek Cakalang dengan kemasan plastik clip berukuran 100 gram dan harganya Rp. 5.000,- per kemasan serta saluran distribusi yang digunakan dengan pemasaran secara langsung. Lokasi pemasaran berada di Jember, sedangkan kegiatan promosi dilakukan dengan kegiatan periklanan menggunakan media Whatsapp dan instagram ada juga promosi penjualan dengan menggunakan tester waktu diawal kegiatan produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0002097407
Uncontrolled Keywords: Tujuan Tugas Akhir, Produksi,Analisis usaha, Pemasaran Pentol Gepek Cakalang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Siti Anita Reza Yulitalia
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:13
Last Modified: 16 Feb 2022 05:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item