Kajian Formulasi Pakan Terhadap Kuantitas Dan Kualitas Susu (Studi Kasus Di Koperasi Peternak Galur Murni Dusun Sadengan Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember)

Samsudin, Aripan (2015) Kajian Formulasi Pakan Terhadap Kuantitas Dan Kualitas Susu (Studi Kasus Di Koperasi Peternak Galur Murni Dusun Sadengan Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
6. ABSTRACK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1Pendahuluan)
13. BAB. 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan studi kasus ini yaitu untuk mengkaji formulasi pakan yang diberikan oleh para peternak di Koperasi Peternak Galur Murni (KPGM) serta mengkaji formulasi yang diberikan peternak di KPGM terkait dengan kuantitas dan kualitas susu yang dihasilkan. Studi kasus ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni sampai 01 Juli 2015 di KPGM yang beralamat di Jl. Sadengan Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Studi kasus ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dengan menggunakan regresi linier sederhana pada program SPSS versi 16.0 for windows. Adapun parameter studi kasus ini yaitu kuantitas dan kualitas susu, kualitas susu yang diamati antara lain: uji berat jenis (BJ) dan uji kandungan susu. Formulasi pakan yang diberikan di KPGM memiliki kandungan nutrien seperti: kandungan NE sebanyak 77,76 Mkal, BK sebanyak 15,15 kg, PK sebanyak 6,62 gram, dan TDN sebanyak 32,02%. Hasil dari formulasi pakan produksi susunya sebanyak 6,82 liter/ekor/hari. Kualitas susu hasil dari formulasi pakan di KPGM didapatkan berat jenis susu sebanyak 1,0227 g/ml dan kandungan susu seperti: kandungan lemak sebesar 3,90%, SNF sebesar 7,13%, dan protein susu sebesar 2,59%. Kata Kunci: formulasi pakan, kuantitas susu, kualitas susu

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNusantoro, SuluhNIDN0025067503
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:21
Last Modified: 07 Feb 2022 02:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item