Analisis Usaha Abon Buah Sukun Di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo

Maulana, Febri (2022) Analisis Usaha Abon Buah Sukun Di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31180908 _ Laporan TA Full Test.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan dapat memproduksi abon buah sukun, mampu melakukan analisis usaha dengan metode analisis yang digunakan adalah BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return Of Invesment) dan mampu melakukan pemasaran yang efektif. Waktu pelaksanaan tugas akhir ini selama 3 bulan dimulai pada tanggal 22 Maret sampai dengan 14 Juni 2021, dilakukan di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengumpulan data primer dan sekunder. Usaha ini menggunakan metode analisis BEP, R/C Ratio dan ROI. Praktik langsung untuk proses produksi sampai dengan pemasaran. Tugas akhir ini melakukan proses produksi sebanyak 5 kali. Berdasarkan analisis, diperoleh BEP (produksi) sebesar 32,43 dengan hasil produksi sebanyak 42 kemasan dan BEP (harga) sebesar Rp. 6.176.9/kemasan dengan harga jual Rp. 8.000/kemasan, R/C Ratio diperoleh nilai 1,29 dan ROI diperoleh dengan nilai persentase 10,29% maka usaha ini menguntungkan layak untuk dikembangkan. Proses pemasaran menggunakan bauran pemasaran 4P(product, price, place, promotion). Proses pemasaran dilakukan secara langsung dan tidak langsung, kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan prosuk melalui media sosial seperti Instagram(IG) dan Whatsapp(WA). Pemasaran yang efektif yakni secara langsung. Kata Kunci : Analisis Usaha, Abon, Buah Sukun

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, CholyubiNIDN0020075705
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Abon, Buah Sukun
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Febri Maulana
Date Deposited: 20 Feb 2022 22:52
Last Modified: 20 Feb 2022 22:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item