Proses Pengolahan Kopi Liberika (Coffea Liberica) Dengan Menggunakan Metode Wine Pada Tingkat Penyangraian Medium Roast Di Kampung Kopi Gombengsari

Mayasari, Artika (2021) Proses Pengolahan Kopi Liberika (Coffea Liberica) Dengan Menggunakan Metode Wine Pada Tingkat Penyangraian Medium Roast Di Kampung Kopi Gombengsari. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FIXX LAPORAN PKL ARTIKA MAYASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di Kampung Kopi Gombengsari-Banyuwangi. Kampung Kopi Gombengsari merupakan salah satu daerah penghasil kopi robusta dan liberika di Banyuwangi. Kopi robusta yang ada di Gombengsari diolah oleh beberapa pengusaha mandiri dengan teknik olahan yang bervariasi. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Kampung Kopi Gombengsari adalah untuk mengetahui keadaan umum wilayah gombengsari, sistem pengendalian mutu produksi kopi disalah satu home industry, mengetahui bagaimana penyiapan bahan baku mulai dari awal hingga produk yang sudah siap dipasarkan. Tingginya minat penikmat akan rasa kopi yang lebih bervariasi, membuat para pengusaha kopi melakukan diversifikasi terhadap pengolahan kopi robusta, untuk menciptakan cita rasa kopi yang unik. Secara umum proses pengolahan biji kopi dikenal hanya dua cara yaitu proses basah dan proses kering. Dengan perkembangan teknologi, pengolahan biji kopi dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik pengolahan seperti proses pengolahan (Wine Process). Proses pengolahan wine merupakan proses pengolahan kopi dengan cara fermentasi aerob dan anaerob. Bila dilakukan dengan optimal maka proses ini bisa mempertahankan karakter dasar biji dan disisi lain dapat memunculkan karakter arpma dan rasa wine /Anggur dan kompleks pada biji kopi. Proses pengolahan kopi di Kampung Kopi Gombengsari terdiri dari panen, sortasi, perambangan, fermentasi, pengeringan, pengupasan kulit tanduk dan kulit ari, sortasi, penyangraian, grinding, packaging, dan penyimpanan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHandayani, Anna MardianaNIDN0413118801
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Artika Mayasari
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:48
Last Modified: 22 Aug 2022 02:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item