Analisis Alur Pemasaran Telur Pada Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Kabupaten Situbondo

Amalia, Masrurotul (2015) Analisis Alur Pemasaran Telur Pada Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
09. ABSTRACT (INDO).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
16. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
41. LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari alur pemasaran telur pada usaha ayam ras petelur dan menganalisis marjin pemasaran, share harga, biaya pemasaran dan keuntungan tiap lemabaga pemasaran. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2015 sampai dengan April 2015. Sampel dari penelitian ini yaitu sebanyak 70 responden terdiri dari14 peternak, 4 pedagang agen dan 52 pedagang pengecer. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan marjin pemasaran, share harga yang diterima peternak, share biaya pemasaran dan share keuntungan pemasaran pada masing-masing alur pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alur pemasaran usaha ayam ras petelur di Kabupaten Situbondo menggunakan dua alur pemasaran yaitu alur pemasaran sedang dan alur pemasaran pendek. Margin pemasaran pada alur pemasaran sedang sebesar Rp. 2.200,- sedangkan alur pemasaran pendek mempunyai marjin pemasaran sebesar Rp. 1.000,- dengan share harga yang diterima peternak pada alur pemasaran sedang (80.85%) lebih kecil dibandingkan alur pemasaran pendek (93.33%). Share biaya pemasaran pada alur pemasaran sedang (74.62%) lebih tinggi dibandingkan share biaya pemasaran pendek (40%). Keuntungan tiap lembaga pemasaran pada alur pemasaran sedang (70.83%) lebih tinggi dibandingkan keutungan pemasaran pada alur pemasaran pendek (60%). Kata Kunci : Analisis Alur Pemasaran, Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur, Kabupaten Situbondo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryadi, UjangNIDN19660903199303 1 002
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:50
Last Modified: 31 Jan 2022 02:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item